Ratusan Imigran Gelar Aksi Jalan Kaki di Pekanbaru

demo imigran di pekanbaru.jpeg

KBRN, Pekanbaru - Ratusan pengungsi asal Afghanistan yang berada di Pekanbaru menggelar aksi unjuk rasa, Selasa (24/05). Mereka masih menuntut, agar bisa ditempatkan ke negara ketiga karena sudah terlalu lama di Kota Pekanbaru.

Ratusan pengungsi Afghanistan menggelar aksi jalan kaki atau long march, sambil membawa sejumlah spanduk protes yang ditujukan kepada UNHCR dan IOM. UNHCR adalah organisasi dibawah naungan PBB, yang menjalankan mandat perlindungan pengungsi dan menangani permasalahan pengungsi di Indonesia.

Ketua Komisi I DPRD Pekanbaru, Doni Saputra mengungkapkan, aksi demo dan long march yang dilakukan para imigran sudah cukup meresahkan warga. Pemko Pekanbaru bersama dengan instansi terkait diminta untuk bertindak tegas, sehingga unjuk rasa tersebut tidak mengganggu aktivitas masyarakat.

“Ya aksi unjuk rasa dan long march, sudah sangat sering dilakukan para imigran. Itu merupakan bentuk protes, yang mereka lakukan kepada IOM dan UNHCR sebagai penanggungjawab. Aksi mereka ini sudah cukup meresahkan warga sekitar, terlebih lagi kemarin sempat mendirikan tenda,” ungkap Doni kepada RRI Pekanbaru, Selasa (24/05/2022).

Diketahui, ada di antaranya sudah sepuluh tahun di Kota Pekanbaru setelah mengungsi akibat konflik di negaranya. Mereka pun meminta kepastian untuk penempatan di negara ketiga seperti Amerika Serikat, Kanada, Australia dan Selandia Baru.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar