Wagub: Belum Ada Temuan PMK di Jakarta

Wakil Gubernur Jakarta, Ahmad Riza Patria saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Selasa (17/5/2022) / RRI/ Alfreds Tuter

KBRN, Jakarta: Wakil Gubernur (Wagub) Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, pihaknya belum menerima laporan temuan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) DKI. 

"Iya sampai hari ini kami belum ada laporan, mudah-mudahan tidak ada," ungkap Riza di Balai Kota Jakarta, Selasa (17/5/2022).

Riza menegaskan, wabah PMK pada ternak ini menjadi perhatian khusus. Sebab, pihaknya menyadari betul saat ini kondisinya penularan PMK semakin meluas.

Bahkan, ia berpandangan penyakit ini dapat mempengaruhi harga jual sapi di pasaran, apalagi menjelang perayaan Iduladha 2022. 

"Di Lebaran Qurban ini ada peningkatan kebutuhan umumnya diikuti dengan peningkatan harga sapi, sekarang ditambah lagi, ada PMK, penyakit mulut dan kuku," jelas Riza.

Untuk itu, ia telah meminta pada BUMD Dharma Jaya melakukan sejumlah langkah antisipasi. Termasuk berkoordinasi dengan 3 dinas terkait, yakni kesehatan, pertanian hingga peternakan.

Meski tidak menjelaskan langkah antisipasi yang dimaksudnya, Riza menegaskan, langkah-langkah ini dilakukan agar warga mendapat daging sapi berkualitas, bebas dari penyakit dengan harga yang terjangkau.

"Agar dapat sapi ya dengan kualitas yang baik jauh dari penyakit PMK, dan juga dengan harga yang masih terjangkau daya beli masyarakat," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar