Seekor Domba Mati Pasca Terpapar PMK

Ilustrasi hewan ternak yang dimiliki warga Kulon Progo (Foto: Harun Susanto/RRI.co.id)

KBRN, Kulon Progo: Kematian hewan ternak akibat Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) sudah terjadi di Kulon Progo. Saat ini, satu ekor hewan domba yang terpapar PMK sudah mati. 

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo mengatakan, diketahuinya hewan yang terpapar positif PMK tersebut, berdasarkan tes acak hewan ternak dari luar daerah belum lama ini.

Ada empat ternak yakni dua ekor sapi dan dua ekor domba, yang diambil sampelnya oleh Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates. Dari hasil tes yang keluar pada Jumat, (13/5/2022) satu ekor sapi dan satu ekor kambing dinyatakan terjangkit PMK.

"Dua hewan ini sebelumnya sudah diisolasi alias disendirikan kandangnya. Juga sudah diberikan pengobatan dan di sekitarnya kita disinfektan. Perkembangannya yang domba sudah mati, kemudian sudah dikuburkan. Semoga tidak meluas,” ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kulon Progo, Aris Nugroho dalam keterangan, Selasa (17/5/2022).

Sebelumnya, Kasie Humas Polres Kulon Progo Iptu I Nengah Jeffry mengatakan, pihaknya siap mendukung pengawasan dan pendampingan pemantauan PMK. Sinergi dilakukan untuk menyikapi wabah PMK tersebut.

"Kami juga akan melakukan pemantau dan memonitoring hewan ternak di wilayah kulonprogo," ungkap Jeffry.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar