99 Event Banyuwangi Festival 2022 Resmi Diluncurkan

KBRN, Banyuwangi: Atraksi pariwisata Banyuwangi Festival (B-Fest) 2022, dengan 99 event sepanjang tahun 2022 resmi diluncurkan.

Peluncuruan tersebut ditandai dengan pemukulan rebana oleh Forum Komunikasi Pimpinan daeerah (Forkopimda) di Gelanggang Seni Budaya (Gesibu) Blambangan. 

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan Banyuwangi Festival menjadi sarana untuk pemulihan ekonomi di Banyuwangi, dengan lewat beragam atraksi yang digelar, secara otomatis UMKM juga bergerak, selain itu pelaku seni budaya, dan dunia perhotelan dan kuliner terdampak dengan beberapa evant yang diselenggrakan disepanjang tahun 2022.   

“Kita harapkan pelaku seni-budaya, pelaku wisata, kuliner, UMKM, oleh-oleh bergerak, sehingga memicu berbagai sektor lain termasuk pertanian-perikanan. Ini termasuk bagian dari gerakan Banyuwangi Rebound pada aspek pemulihan ekonomi,” ungkap Ipuk, Rabu (26/1/2022).

Penyelenggaraan B-Fest sendiri, akan menerapkan hybrid concept yang memadukan sistem pertunjukan daring dan luring, sebagai contoh penyelenggaraan yang bisa diadopsi oleh ditingkat desa maupun kecamatan, sebagai salah satu menekan penyebaran covid-19, karena pandemi Covid-19 masih belum usai.

“Tentu saja, di tengah pandemi ini, untuk pelaksanaanya tetap menggunakan hybrid concept. Kita rancang sedemikian rupa agar tetap memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penonton maupun bagi para pelaku kesenian,” jelas Ipuk.

Dalam peluncurannya, beragam ajang mulai seni-budaya, olahraga, tradisi, hingga wisata alam, siap diselenggarakan disepanjang tahun 2022, mulai Festival Gandrung Sewu, Festival Kucur, Festival Janger Milenial, Batik Festival, dan Festival Angklung Caruk, selian seni budaya ada juga event sport turism, seperti kompetisi selancar paling bergengsi di dunia, World Surf League (WSL).

"Juga ada Festival Paralayang, dan Ijen Geopark Downhill, yang akan menghadirkan beberapa rider nasioal, yang siap melibas sirkuit yang berada dilereng gunung Ijen," pungkasnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar