Kontak Erat Pasien Omicron, Puluhan Warga di-PCR

KBRN,Bandung: Sebanyak 80 orang yang melakukan kontak erat dengan 6 pasien terkonfirmasi positif Omicron di Kota Bandung telah menjalani tes PCR. Hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Bandung terhadap mereka belum keluar. 

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana menyebut lima orang pasien terkonfirmasi Omicron menjalani isolasi terpadu di BPSDM Jabar yang berada di Kota Cimahi. Sedangkan satu orang lainnya menjalani isolasi mandiri. 

"Kondisi semua semakin membaik dan kami trasing juga hasilnya belum keluar 80 orang yang melakukan kontak dengan enam orang ini," ujar Yana disela-sela meninjau donor darah di Kawasan Trans Studio Mal, Kota Bandung, Senin (24/01/2022). 

Ia pun mengungkapkan keenam pasien Omicron tidak menjalani perjalanan ke luar negeri maupun kontak erat dengan pelaku perjalanan. Pihaknya menduga para pasien tersebut terpapar dari penyebaran transmisi lokal. 

"Saya mengimbau panik gak perlu masyarakat waspada kalau gak berkepentingan di rumah dan jaga prokes, Virus Covid-19 selalu bermutasi dan upaya pencegahan dapat dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan," imbaunya. 

Di tengah penyebaran Omicron di Kota Bandung, pihaknya juga sedang mengkaji kebijakan work from home (WFH) sebanyak 25 persen. Namun pihaknya belum memikirkan untuk membatasi kembali kegiatan pembelajaran tatap muka (PTM yang sudah berjalan 100 persen. 

"PTM kelihatan belum karena mau tes acak lagi. Kelompok satu 300 sekolah jangan ada klaster termasuk kelompok dua," katanya.

Yana menambahkan penyebaran varian Omicron cepat namun tingkat kefatalan rendah.

"Kita tetap mempersiapkan fasilitas kesehatan disiapkan 600-700 tempat tidur mudah-mudahan gak dipakai. Sekarang 5 persen dipakai," tandasnya. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar