Vaksinasi Anak di Baubau Diapresiasi

Plt. Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dan Rombongan Menyaksikan langsung vaksinasi anak di SDN 2 Batulo (Foto:RRI)
Plt. Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse dan Rombongan Menyaksikan langsung vaksinasi anak di SDN 2 Batulo (Foto:RRI)
Plt. Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse Menyerahkan Hadiah Hasil Undian Anak Sudah di Vaksin (Foto:RRI)

KBRN, Bubau: Hari pertama pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara mendapat apresiasi dari siswa dan orang tua siswa.

Orang tua terlihat begitu antusias datang ke sekolah mendampingi anak-anaknya untuk mendapatkan suntikan vaksin sinovac. Ditemui RRI di SDN 2 Batulo salah seorang orang tua siswa Fisco mengaku sangat mendukung kegiatan vaksinasi ini. Menurutnya vaksin sangat dibutuhkan anak-anak agar tetap sehat dan terhindar dari paparan virus corona.

“Anjuran pemerintah agar kita terlindungi dari virus corona adalah protokol kesehatan adalah vaksinasi. Sebagai orang tua saya sanagat mendukung kegiatan ini, ada dua anak saya yang mau divaksin hari ini, satunya 8 tahun dan satunya 11 tahun,” kata Fisco, Sabtu (22/1/2022).

Pelaksanaan vaksinasi yang dipusatkan di Sekolah Dasar Negeri itu dipantau langsung oleh Plt. Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse di dampingi Ketua DPRD Kota Baubau, Zahari, Sekda Baubau Roni Muhtar, Kabag Ops Polres Baubau dan Kasdim 1413 Buton.

Hari pertama ini, Wali Kota bersama rombongan meninjau langsung Tiga SDN yang melaksanakan vaksinasi, masing-masing SDN 2 Baubau, SDN 2 Batulo dan SDN 2 Pala Tiga. Ahmad Monianse mengaku terkesan dengan semangat dari seluruh tim vaksinasi hingga orang tua siswa yang mengizinkan anak-anaknya agar mau di vaksin.

“Ini merupakan wujud dari kesadaran akan pentingnya sehat dan pentingnya pendidikan. Sudah disadari bahwa pembelajaran tatap muka akan semakin baik dengan adanya vaksinasi. Masyarakat sangat antusias mengikuti ini, olehnya itu sebagai Pemda kami sangat mengapresiasi Dikbud bersama satuan pendidikan yang telah meyakinkan ortu siswa dan Dinkes yang juga telah menurunkan tim,” jelasnya, Sabtu (22/1/2022).

Ditempat yang sama Jubir Covid-19 Kota Baubau, dr Lukman mengatakan hari ini vaksinasi dilakukan serentak di 17 Sekolah Dasar Negeri. Proses pemberian vaksin pada anak ini kata Lukman sama dengan orang dewasa, tetap melalui meja pemeriksaan kesehatan.

“Hanya memang dianjurkan kepada anak-anak kita menciptakan kondisi-kondisi fan, kalau lagi ada keluhan aktif atau sakit tidak divaksin dulu. Saya lihat anak-anak kita sangat antusias dan dimeja dua juga telah dilakukan screening oleh dokter-dokter kita,” pungkasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau, La Ode Aswad optimis pelaksanaan vaksinasi akan berjalan dengan lancar dan mencapai target sasaran.

Untuk memberikan dorongan semangat pada anak, tim pendamping dan satuan pendidikan SDN 2 Palagimata menyiapkan berbagai hadiah menarik kepada anak-anak yang sudah divaksin dengan cara diundi.  (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar