Diperkirakan 164 PMI Pulang ke Jatim

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (Dok. Humas Jatim)

KBRN, Surabaya: Gelombang kedatangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) melalui Bandara Juanda, lebih cepat dari jadwal sebelumnya, yakni hari ini, Sabtu (22/1/2022). Sebelumnya, dijadwalkan kembali ke Jatim pada tanggal 26 Januari 2022. 

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku siap untuk menyambut kepulangan PMI ditengah pandemi ini. Bersama dengan Forkopimda lainnya, pihaknya telah menyiapkan tempat karantina bagi mereka sebelum kembali ke daerah asal. 

"Akan dibawa ke karantina di Asrama Haji," ujarnya saat dikonfirmasi Jumat malam (21/1/2022). 

Sedangkan untuk mekanisme penanganan PMI ketika berada di tempat karantina, Gubernur Khofifah menegaskan, sama dengan yang telah dijalani para PMI ketika turun dari Bandara Soekarno-Hatta, yang kemudian dikarantina di Wisma Atlet. 

"Ha-hal yang berkaitan dengan swab PCR-nya dan seterusnya, sudah ada didalam Tim pengananan persis di wisma Atlet," imbuhnya. 

Sedangkan petugasnya, atau yang membantu menangani para PMI di lokasi karantina merupakan lembaga yang datang dati Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). 

"Mereka sudah standby di Surabaya, saya rasa hal hal yang berkaitan dengan logistik sudah langsung dihandle oleh BNPB," ungkapnya. 

Direncanakan, gelombang pertama ini PMI yang akan kembali ke Jatim sebanyak 164 orang. Namun ditegaskan Khofifah, pengecekan terus dilakukan, karena biasanya kadang bertambah maupun berkurang. 

"Besok yang dari Malaysia. Ini ada percepatan, karena dulukan rencana tanggal 26 kepulangan pertama, gitu. Ini maju tanggal 22," tuturnya. 

Sebelumnya, yang rencana turun melalui Bandara Juanda adalah PMI dari Malaysia dan Brunai Darussalam. Gubernur Khofifah berharap, kepulangan PMI ke Jatim berjalan lancar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar