Ribuan Gaji ASN Tahun 2022 Belum Terbayarkan

Fahruddin, Kabid Perbendaharaan BPKK Aceh Singkil

KBRN, Singkil: Ribuan Gaji Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil belum terbayarkan meski sudah memasuki pertengahan bulan Januari 2022.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK) Aceh Singkil, melalui Kabid Perbendaharaan. Fahruddin beralasan terlambatnya pembayaran gaji tersebut hingga Senin (17/01/2022), disebabkan karena belum diserahkanya sejumlah  berkas surat permintaan pembayaran (SPM) oleh masing - masing  Organisasi Perangkat Daerah (OPD), yang telah terekam melalui Aplikasi Sistem Informasi Menejemen dan Akutansi (SIMAKDA). Dan Aplikasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD), kepada Badan Pengelola Keuangan Kabupaten (BPKK).

Padahal, untuk mengantisipasi keterlambatan pembayaran gaji ASN ini, menurut Fahruddin, pada akhir Desember 2021 tahun lalu amprah gaji sudah terlebih dahulu 

"Hingga saat ini, kita belum menerima  berkas SPM dari SKPK," Kata Fahruddin ketika dikonfirmasi RRI, Senin (17/01/2022).

Lebih lanjut, Fahruddin menjelaskan, untuk mendukung proses pembayaran gaji para ASN tersebut. Seperti Qanun dan Perbub sudah tuntas diselesaikan. Bahkan untuk saat ini, sedang proses penanda tangan DPA.

"Jika berkas sudah ada dan lengkap kita akan proses," Tambahnya 

Diketahui, total  besaran gaji ASN yang harus dibayarkan setiap bulannya di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Singkil, mencapai angka senilai Rp15 miliar lebih untuk 3.200 lebih tenaga Pegawai Negari Sipil (PNS). (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar