Lansia Kota Madiun Mulai Jalani Vaksin Booster

KBRN, Madiun : Sejumlah lansia di Kota Madiun mulai menjalani vaksinasi booster atau penyuntikan vaksin dosis ketiga (D3) jenis AstraZeneca (AZ) pada Kamis (13/1/2022). Seperti vaksin booster yang kali ini dilakukan di Puskesmas Manguharjo.

Seorang lansia warga Kelurahan Nambangan Kidul, Dji Ban Sing mengaku mendapat informasi penyuntikan vaksin D3 dari media massa. Bagi lansia berusia 65 tahun ini, vaksinasi penting untuk meningkatkan herd immunity. Apalagi pada penyuntikan D1 dan D2 lalu menggunakan vaksin jenis Sinovac, tidak ada keluhan sama sekali.

"Ya ini tadi vaksin booster, ketiga. Ya kita kan ngikuti saran dari pemerintah saja, tujuannya kan untuk membentuk herd immunity," katanya.

Senada juga dikatakan, Nani (74) warga Kelurahan Nambangan Kidul. Ia mengaku metode penyuntikan vaksin booster ini, sama seperti vaksinasi sebelumnya. Bahkan ia tak merasakan sakit ketika disuntik. Bedanya jika saat D1 dan D2 menggunakan Sinovac, vaksin booster ini menggunakan AZ. 

"Ya kita lega, kan ini untuk kesehatan kita sendiri. Ya Alhamdulillah gratis. Karena nggak semuanya bisa disuntik booster kan. Harapannya ya biar sehat (terhindar dari covid-19.red)," ucapnya.

Seperti diketahui, penyuntikan vaksin booster di Kota Madiun diutamakan untuk lansia usia diatas 60 tahun. Syaratnya, telah menjalani vaksinasi lengkap, baik dosis kesatu (D1) maupun dosis kedua (D2). Sedangkan vaksin booster dapat disuntikkan jika telah berjarak enam bulan dari penyuntikan dosis kedua. Hal itu sebagaimana rekomendasi dari Kelompok Penasihat Teknis Indonesia tentang Imunisasi atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Adapun sesuai ketentuan pemerintah, jika D1 dan D2 mendapat suntikan vaksin jenis Sinovac, maka penyuntikan ketiga menggunakan vaksin jenis Pfizer atau AstraZeneca (AZ) setengah dosis. Namun jika D1 dan D2 mendapat vaksin jenis AstraZeneca, maka penyuntikan ketiga menggunakan vaksin jenis Moderna setengah dosis. (imr) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar