Tahun Baru, Sejumlah Ruas Jalan Bandung Ditutup

KBRN, Bandung: Penutupan sejumlah ruas jalan di Kota Bandung akan diberlakukan pada saat malam tahun baru 2022, Jumat (31/12/2021) di masa Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Setidaknya, terdapat 10 titik ruas jalan yang berada di pusat kota yang akan ditutup. 

"Untuk rencana rekayasa lalu lintas pertama adalah kita akan mengadakan penutupan di ring satu 10 titik, di ring satu diberlakukan pada saat malam tahun baru mulai jam 18.00 sampai 05.00 WIB yang akan dijaga Satlantas Dishub maupun Satpol PP," ujar Kepala Dikyasa Satlantas Polrestabes Bandung AKP Asep Kusmana di Balai Kota Bandung Kamis (2/12/2021). 

Dikatakan Asep,  jalan yang akan ditutup yaitu Jalan Asia Afrika-Tamblong, Jalan Naripan-Tamblong, Jalan Braga-Naripan, Jalan Banceuy-Asia Afrika, Jalan Lembong-Tamblong. Sepanjang Jalan Merdeka, sepanjang jalan Ir H Djuanda, Jalan Purnawarman, Jalan Dipatiukur dan Alun-Alun Timur. 

Diluar ring satu, dikatakan Asep, penutupan jalan akan diberlakukan di ruas jalan yang menuju lokasi keramaian dan berpotensi akan muncul kerumunan. Pihaknya akan menutup ruas jalan apabila di lokasi keramaian melebihi kapasitas pada PPKM level 3. 

"Apabila sudah melebihi kapasitas level tiga itu 50 persen yang diperbolehkan jadi kalau sudah melebihi kapasitas 50 persen akan dilakukan rekayasa atau pengalihan ke arah masuk lokasi tersebut," ucapnya. 

Asep mengutarakan, pihaknya memberikan pengecualian terhadap kendaraan yang boleh masuk melintas di ruas jalan yang ditutup. Mereka yang diperbolehkan melintas yaitu kendaraan yang memiliki kepentingan mendesak atau warga setempat. 

"Nanti ada pengecualian untuk penutupan jalan pengecualian untuk yang akan masuk ke hotel, penduduk setempat ada kepentingan mendesak ambulan dan lainnya dan tinggal memberikan keperluan seperti apa," bebernya.

Asep mengutarakan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan hotel-hotel atau para pelaku usaha yang berada di ruas jalan yang ditutup terkait rencana penutupan jalan.

"Sebanyak 550 personil menjaga saat malam tahun baru 2022," tegasnya.

Asep menambahkan, penutupan ruas jalan saat malam natal tidak dilakukan mengingat banyak masyarakat yang melaksanakan ibadah. Namun pihaknya tetap akan melakukan penjagaan dengan ketat. 

"Pihaknya tetap akan melakukan penjagaan dengan ketat," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar