Warga Bandung Diimbau Waspadai Covid-19 Omicron

KBRN, Bandung: Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung mewaspadai keberadaan varian baru Covid-19 Omicron yang berasal dari Benua Afrika. Varian baru tersebut di Kota Bandung sejauh ini belum ditemukan atau terdeteksi. 

"Belum ada (varian Omicron)," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung Ahyani Raksanagara kepada wartawan, Senin (29/11/2021). 

Ahyani menuturkan, upaya pencegahan yang harus dilakukan yaitu menerapkan protokol kesehatan secara disiplin serta meminimalisasi mobilitas masyarakat. Pihaknya juga terus melakukan surveilans untuk memetakan penyebaran virus. 

"Antisipasi varian lain di tingkat kota dengan prokes. Setiap aktifitas terutama gunakan  masker baik dan benar, dan batasi mobilitas," paparnya.

Ahyani menuturkan pihaknya juga terus melakukan surveilans dan analisis data untuk mengetahui kondisi penyebaran dan vaksinasi Covid-19. Saat ini kondisi penyebaran Covid-19 terbilang melandai di Kota Bandung. 

"Alhamdulillah agar semua sabar dan waspada kita masih pandemi" katanya. Penyebaran kasus Covid-19 aktif di Kota Bandung saat ini berada di bawah angka 100 atau tepatnya di angka 50an. 

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, saat ini dunia dan Indonesia sudah jauh lebih cepat dan lebih canggih mengidentifikasi varian-varian baru.

Dikatakannya, mutasi varian omicron ini sangat cepat karena mutasinya sangat banyak dan mutasi-mutasi yang berbahaya dari varian-varian sebelumnya ada di varian omicron.  

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar