Lonjakan Kemiskinan dan Pengangguran Kado Istimewa Tangsel

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie

KBRN, Tangerang: HUT ke-13, Kota Tangerang Selatan mendapatkan 'kado' angka kemiskinan dan pengangguran molonjak tajam akibat pandemi Covid-19. 

Wali Kota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie mengaku, sangat terpukul dengan adanya pandemi Covid-19 yang membuat pertumbuhan ekonomi di wilayah Tangsel minus dengan angka kemiskinan yang naik dan jumlah penganguran yang meningkat.  

"Yang masih jadi PR, penanganan kemiskinan karena naik angkanya menjadi 2,9 persen, kemudian pengangguran juga naik angkanya menjadi 4 koma sekian persen," ungkapnya kepada rri.co.id, usai menggelar rapat paripuran di Gedung DPRD Tangsel, Jumat (26/11/2021). 

Dia menyatakan, merosotnya pertumbuhan ekonomi dan naiknya angka kemiskinan serta pengangguran di Tangsel, disebabkan melambatnya kegiatan usaha dan bisnis di kota tersebut, dampak dari Pandemi Covid-19.  

"Itu semata -mata karena kemarin ekonomi mengalami sedikit perlambatan, karena kita dua tahun mengalami covid sehingga memang kita mengalami kontraksi negatif," jelas dia.  

Bahkan, katanya di awal-awal pandemi Covid-19, Kota Tangsel, mengalami pertumbuhan ekonomi negatif hingga tembus diangka minus satu persen.  

Menghadapi kondisi itu, Benyamin mengaku, akan meningkatkan kebangkitan UMKM di Tangsel, melalui sejumlah program pemulihan yang akan dilakukan.  

"Kita membuka peluang ekonomi, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, sektor UMKM akan kita hidupkan sebagai dukungan sektor perdagangan dan jasa akan kita tingkatkan ke depan. Melalui stimulan, pelatihan, bukan saja modal tapi juga permesinan termasuk juga menciptakan pasarnya. Kita memperbaiki pasar termasuk digital marketing," paparnya. 

Informasi yang dihimpun rri.co.id, indikator lain yang membuat angka kemiskinan dan pengangguran selain hantaman pandemi Covid-19 yakni, ekonomi tidak bergerak dan mengalami sumbatan. 

Terlebih lagi, adanya persoalan lain yang masih menjadi PR di HUT Tangsel ke-13. Yakni, persoalan banjir di 11 titik diantaranya Kecamatan Pondok Aren, Ciputat, Ciputat Timur, Serpong dan Serpong Utara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar