Makna Tema-Logo Peringatan Hari Sumpah Pemuda 2021

KBRN, Samarinda: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia telah merilis tema dan logo Hari Sumpah Pemuda ke-93 yang jatuh pada Kamis, 28 Oktober 2021.

Pada peringatan kali ini, Hari Sumpah Pemuda mengangkat tema "Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh". Tema tersebut menggambarkan spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia.

Spirit lain yang dimaknai dalam tema ini adalah partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi COVID-19 dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan para pemuda.

Bersatu : Spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia

Bangkit : Pemuda sebagai spirit partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi COVID-19

Tumbuh : Upaya mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan pemuda.

Logo Hari Sumpah Pemuda 2021 berupa angka 93 yang bersambung dengan lima gradasi warna, yaitu kuning, orange, merah, biru, dan hijau. Angka 93 yang didesain bersambung tanpa putus menandakan komitmen pemuda Indonesia untuk bersatu dalam menghadapi pandemi COVID-19.

Logo ini juga menggambarkan semangat kepemudaan dengan dicirikan dari bentuk yang tegas dari logo. Bentuk tersebut mencerminkan jiwa semangat kepemudaan yang akan terus berkobar untuk indonesia bangkit.

Sedangkan kolaborasi warna yang digunakan mewakili keberagaman kolaborasi pemuda Indonesia yang sama-sama berkomitmen mewujudkan ekonomi Indonesia tumbuh dengan semangat kewirausahaan.

Logo yang dilaunching pada Bulan Pemuda ini merupakan hasil dari sayembara yang diselenggarakan oleh Kemenpora.

Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Kemenpora menggelar serangkaian acara mulai dari Pesantrenpreneur 2021, Forum Organisasi Kepemudaan, hingga kegiatan kolaborasi lintas Unit/Deputi/Kementerian/Lembaga/ Masyarakat/Organisasi Kepemudaan/Dunia Usaha.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00