28 Oktober Peringatan Sumpah Pemuda, Ini Sejarahnya

KBRN, Samarinda: Hari Sumpah Pemuda jatuh pada hari ini kamis tanggal 28 Oktober 2021. Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia telah merilis tema dan logo Hari Sumpah Pemuda ke-93 yang jatuh pada Kamis, 28 Oktober 2021. Pada peringatan kali ini, Hari Sumpah Pemuda mengangkat tema "Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh".

Tema tersebut menggambarkan spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Spirit lain yang dimaknai dalam tema ini adalah partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi COVID-19 dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan para pemuda.

Diketahui, Sumpah Pemuda bagian dari  sejarah dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia. Hari Sumpah Pemuda mengobarkan semangat juang rakyat Indonesia, khususnya para pemuda dalam memperjuang kemerdekaan Republik Indonesia.

Hari Sumpah Pemuda lahir di Batavia (Jakarta) pada tanggal 28 Oktober 1928. Sumpah Pemuda terlahir dari Kongres Pemuda II, yang mana Kongres tersebut digelar selama dua hari, tepanya pada tanggal 27-28 Oktober 1928.

Sumpah pemuda memiliki makna mengajarkan nilai-nilai persatuan, menumbuhkan kebanggaan, dan menekankan rasa bangga terhadap bahasa Indonesia. Makna yang mendalam ini tentunya penting ditanamkan dalam jiwa pemuda – pemudi Bangsa Indonesia.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00