KPU Bandung Tunggu Keputusan Pusat Terkait Pemilu

KBRN,Bandung: Pemilihan Kepala Daerah bakal berlangsung pada 2024 dan tahapannya dimulai pada November 2023. Kota Bandung menjadi salahsatu daerah yang bakal melangsungkan pilkada pada tahun itu.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung, Suharti menjelaskan pihaknya tengah menunggu keputusan dari DPR RI Komisi II terkait waktu pemilu apakah memang Mei atau bulan lainnya.

Di utarakannya, jika Pemilu dilaksanakan pada Mei 2024, maka pada Juni dilakukan rekapitulasi, dan Juli-Agustus mengurusi sengketa, serta Agustus pula masuk tahapan pendaftaran calon wali kota dan calon gubernur, tetapi hasil pilegnya belum ada sehingga tak tahu siapa yang dicalonkannya.

Dengan demikian belum lagi, partai belum mengetahui kapan untuk lakukan konsolidasi guna menentukan calon gubernur dan calon wali kota yang membuat KPU pun tak miliki ruang untuk mempersiapkan segala halnya.

"Satu sisi urus sengketa dan sisi lainnya bersiap mengurus pendaftaran calon. Waktu pilkada itu enggak mungkin diundur karena tertuang dalam UU nomor 10 tahun 2016 bawah pilkada itu November 2024. Sedangkan pemilu di undang-undangnya tak disebutkan bulannya hanya tercatat dilakukan lima tahun sekali," ujar Suharti kepada wartawan di Hotel Horison, Kota Bandung, rabu (27/10/2021).

Suharti menambahkan, selama 16 bulan pun pemerintahan nanti akan diisi oleh penjabat sementara (Pjs) yang ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri. Oded M Danial pun nanti akan mulai berhenti menjabat per September 2023.

"Oktober 2023 sampai dengan Februari 2025 enggak akan punya wali kota dan wakil, begitu juga sama di tingkat provinsi enggak punya gubernur. Tapi, Pjs itu tak punya kewenangan terkait anggaran dan lainnya, sehingga yang sangat miliki kuasa ketika itu adalah Sekda," tandasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00