Harimau Sumatera Mati Terjerat di Riau

Tim gabungan TNI, Polri dan BBKSDA Riau lakukan upaya evakuasi Harimau Sumatera yang ditemukan mati kena jerat. Dok: BBKSDA Riau

KBRN, Pekanbaru: Seekor Harimau Sumatera ditemukan mati di Desa Tanjung Leban, Kecamatan Bandar Laksamana, Kabupaten Bengkalis, Minggu (17/10/2021). Harimau berjenis kelamin betina ini mati setelah terkena jerat. 

Plt Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, Fifin Arfiana, mengatakan bangkai harimau ditemukan pekerja kebun sekitar pukul 07.45 WIB. Kemudian melaporkan kejadian ini ke Polsek Bukit Batu. 

"Kita dapat informasi dari Polsek, kemudian turun ke lokasi untuk melakukan pengecekan dan identifikasi awal," kata Fifin, Minggu (17/10/2021). 

Bangkai harimau ditemukan di areal Hutan Produksi yang dapat Dikonversi (HPK) berupa areal perladangan masyarakat dan  berjarak 21,85 km dari kawasan Suaka Margasatwa Bukit Batu. 

"Harimau kondisi terjerat kaki kiri bagian depan dengan jenis jerat seling," jelasnya. 

Selanjutnya harimau dievakuasi ke Pekanbaru untuk proses nekropsi untuk mengetahui penyebab dan perkiraan kematian harimau. 

Adanya kejadian ini, BBKSDA Riau mengimbau masyarakat agar tidak memasang jerat dengan alasan apapun karena dapat membahayakan satwa termasuk satwa yang dilindungi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00