[Cek Fakta] Pendaftaran Vaksin Nusantara Via WhatsApp

KBRN, Samarinda: Menerima pesan WhatsApp (WA) pendaftaran vaksin Nusantara? Pesan berisi isian identitas data diri dikirimkan ke no 0811372683 atas nama Prof.Nadim, dalam pesan tersebut juga dikatakan data diperlukan untuk pemetaan layanan di kota/provinsi masing masing.

Belakangan ini memang beredar di media sosial Facebook dan juga WA terkait pendaftaran vaksin Nusantara. Antusiasme warga akan vaksin nusantara tersebut membuat warga cenderung tidak hati-hati akan kebenaran pesan tersebut.  

Dari laman covid19.go.id dikatakan, setelah ditelusuri menggunakan kata kunci “pendaftaran vaksin nusantara” ditemukan beberapa artikel, salah satunya artikel milik Liputan6.com berjudul “Cek Fakta: Tidak Benar Informasi Pendaftaran Penerima Vaksin Nusantara” 15 September 2021.

Dalam artikel tersebut dr. Terawan Agus Putranto sebagai mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia yang menggagas vaksin Nusantara mengatakan informasi pendaftaran vaksin Nusantara tersebut tidak benar dan belum melakukan pembukaan program penyuntikan vaksin Nusantara.

“Saya belum membuka pendaftaran,” kata Terawan melansir dari Liputan6.com.

Dalam salah satu artikel yang dimuat oleh Kumparan.com hoaks mengenai pendaftaran vaksin Nusantara juga beredar dengan mencatut nama RSPAD dan informasi hoaks tersebut sudah diklarifikasi oleh Kolonel Jonny.

Dengan demikian informasi terkait pendaftaran vaksin Nusantara adalah hoaks, hal tersebut sudah ditegaskan oleh dr. Terawan penggagas vaksin Nusantara sehingga masuk dalam kategori konten palsu.

Referensi :

https://covid19.go.id/p/hoax-buster/salah-pendaftaran-vaksin-nusantara-melalui-whatsapp

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00