Pasien Covid-19 Kabur dari RS, diamankan Polisi

KBRN, Talaud : Seorang pasien yang dinyatakan Positif  Covid-19 berdasarkan rapid test antigen diamankan  aparat kepolisian bersama tim Covid 19, setelah melarikan diri alias kabur dari Rumah Sakit Umum Daerah Talaud di Mala.

Diketahui, perempuan berinisial EA (65 ) didiagnosis lewat pemeriksaan antigen dan ternyata positif Covid-19 yang diperparah dengan adanya penyakit penyerta, saat menjalani Perawatan dari Rumah Sakit Umum Daerah, Selasa (22/6/2021).

Berdasarkan keterangan dari Pihak Kepolisian dalam hal ini Kapolsek Beo Ipda Johan Atang bahwa Awalnya pada hari selasa 22 juni 2021 dimulai jam 21.00 wita sehubungan dengan  informasi adanya salah satu pasien yang dinyatakan positif lewat pemeriksaan antigen di RSUD Mala. Kemudian pada sore harinya  saat diberi edukasi agar pasien tersebut akan di tahan untuk dirawat namun pasien tersebut meninggalkan RSUD secara diam diam, maka Polres dan Polsek Beo melakukan upaya pencarian dan pengecekan keberadaan pasien karena merupakan warga kecamatan  Beo Utara khususnya Desa lobo.

" Kami pun langsung melakukan pencarian dan pengecekan mulai dari Desa niampak sampai Desa awit. Akhirnya Pasien tersebut ditemukan   berada di mobil menuju puskesmas Lobo  dengan maksud mau berobat di puskesmas Lobo karena masih dalam kondisi lemah,"ungkap Atang, Selasa (22/6/2021).

Kemudian  Kapolsek Beo Ipda Johan Atang mengambil langkah memerintahkan mobil yang memuat pasien agar balik arah ke Melonguane namun supir mobil sudah mengantuk , kelelahan dan tidak sanggup.

Sehingga Kapolsek serta anggota dan beberapa petugas Puskesmas menunggu petunjuk dan standby di depan Puskesmas lobbo. Apalagi warga tersebut menolak dirawat di Puskesmas.

Dalam pertimbangan saat ini tidak ada pakaian APD sehingga berkat kesigapan dan kordinasi dengan   Tim Covid 19 telah  melakukan langkah- Langkah terhadap pasien tersebut sesuai aturan yang ada.

" Kami dari Polri siap membantu mengamankan sehingga Pasien tersebut sudah diamankan dari Puskesmas Lobo dan dibawa lagi ke RSUD Mala dengan kendaraan mobil umum  dan dikawal beberapa anggota Polsek beo serta petugas puskesmas  Lobo selanjutnya diserahkan kepada petugas RSUD mala untuk mendapat penanganan selanjutnya dari tim medis, " tambahnya

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Alam Kusuma S Irawan, SH, SIK, MH mengimbau agar kita bersama-sama bahu -  membahu untuk mengatasi pademi covid ini, bahwa covid ini ada sehingga masyarakat harus terus patuh terhadap aturan prokes 5M.

" Kepolisian mengimbau  agar kita semua dapat bersama-sama, bahu -  membahu untuk mengatasi pademik covid ini, bahwa covid ini ada sehingga masyarakat harus terus patuh terhadap aturan prokes 5M yakni mencuci tangan/handsanitizer, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menjauhi kerumunan). Semua ini demi kesehatan dan keselamatan masyarakat, " tandas Kapolres Talaud. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00