Lonjakan Kasus, Balita di Jakarta Terpapar Covid-19

KBRN, Jakarta: Gubernur Jakarta, Anies Baswedan mengungkapkan situasi lonjakan kasus Covid-19 saat ini berbeda dengan awal tahun 2021 lalu. Sebab ratusan diantaranya menular ke anak-anak, bahkan hingga balita.

Data yang Anies miliki menyebutkan, pada Minggu 22 Juni 2021 lalu terdapat peningkatan kasus harian hingga 5.582 kasus positif baru. Sebanyak 16 persen diantaranya merupakan anak-anak.

"Tapi yang mengkhawatirkan, ini perlu perhatian khussus bahwa minggu lalu kita alami kasus harian tertinggi yaitu 5.582 kasus baru. Dari angka itu 665 anak usia 5-18 tahun. Kira-kira 12 persen, dan 224 adalah kasus anak di bawah 5 tahun, balita. Jadi 16 persen dari kenaikan kasus adalah anak-anak," ungkap Anies di Balaikota Pemprov Jakarta, Selasa (22/6/2021).

"Artinya kita menghadapi situasi wabah yang berbeda dengan awal tahun kemarin," tambahnya melengkapi.

Menurutnya, besar kemungkinan virus yang menular saat ini merupakan varian baru Covid-19. Sebab sifatnya yang mudah menular, termasuk pada anak-anak.

"Besar kemungkinan adalah varian baru yang dengan mudah menular, termasuk kepada anak-anak," tutur Anies. 

Untuk itu, dia berharap seluruh keluarga di Ibukota tetap berhati-hati dengan penularan virus Covid-19 saat ini. Dengan cara tetap berada dirumah saja, termasuk anak-anak. 

"Saya berharap kepada keluarga di jkt lebih berhati hati. usahakan di rumah saja. Anak2 biarkan bermain di rumah saja demi keselamatan semuanya. karena penanganan untuk anak2 tentu membutuhkan pendampingan orang dewasa sehingga muncul kompleksitas yang tidak sederhana," tandasnya. (imr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00