Hari Lomban, Jepara Tutup Semua Obyek Wisata

KBRN, Jakarta: Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah mengeluarkan kebijakan menutup semua obyek wisata di Kabupaten Jepara pada hari Lomban pada Kamis (20/05/2021). Penutupan ini sebagai upaya memutus penyebaran Covid-19 di daerah itu. 

Hal itu berdasarkan surat edaran yang ditandatangani Sekretaris Daerah Kabupaten Jepara Edy Sudjatmoko yang ditujukan kepada Camat se-Kabupaten Jepara dan pengelola obyek wisata se-kabupaten jepara.

"Seluruh obyek wisata se-Kabupaten Jepara baik yang dikelola pemerintah, swasta maupun desa/masyarakat untuk hari H Lomban, Kamis tanggal 20 Mei 2021," kata Sekda Edy Sudjatmiko dalam surat edarannya.

Ia meminta seluruh camat agar berkoordinasi dengan Forkopimcam bersama-sama memastikan obyek wisata di wilayahnya ditutup pada tanggal tersebut. 

Pesta Lomban atau dikenal juga dengan nama oleh masyarakat setempat sebagai bakda kupat dan bakda lomban adalah pesta masyarakat nelayan di wilayah Kabupaten Jepara dalam bentuk sedekah laut. Namun kini sudah menjadi milik keseluruhan masyarakat Jepara, bukan nelayan saja. 

Pusat perayaan ini berada di Pantai Kartini, Jepara, tetapi bisa juga disaksikan di Ujung Gelam, Pantai Koin, Karimunjawa, serta beberapa tempat yang di tentukan sebelumnya.

Pesta ini merupakan puncak acara dari Pekan Syawalan yang diselenggarakan pada tanggal 7 Syawal atau 1 minggu setelah hari Raya Idul Fitri yang dirayakan di banyak daerah di Pantai Jepara.

(foto: jepara.go.id)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00