Puluhan Santri Ponpes Al I'tishom Keracunan Makanan

KBRN, Gunungkidul: Puluhan santri Pondok Pesantren (ponpes) Al I'tishom mengalami mual dan muntah usai menyantap sajian buka puasa di Padukuhan Banaran, Playen, Gunungkidul, Yogyakarta.

Kapolsek Playen AKP Hajar Wahyudi menerangkan, para santri diduga keracunan usai buka bersama digelar Ponpes Al I'tishom pada penghujung Ramadan, Rabu (12/5/2021). 

"Sajian yang disiapkan berupa ikan bakar, sambal dan lalapan ini yang diduga menjadi penyebab keracunan," kata Hajar, Jumat (14/5/2021)

Menurut keterangan, kata dia, pihak pesantren memesan sebanyak 480 bungkus untuk santri dan wali santri.

"Beberapa santri justru mengalami mual dan ada yang bereaksi setelah ibadah Shalat Idul Fitri," terang hajar.

Dia mengatakan, sejumlah santri menjalani perawatan medis.

"Di RSUD sebanyak 11 santri, di RS Nur Rohmah 18 santri, di PKU Muhammadiyah 5 santri, dan Klinik Pratama Wahyu Husada 6 santri," kata dia.

Tapi, kata dia, saat ini sejumlah santri juga sudah diperbolehkan pulang dari rumah sakit.

"Saat ini sudah merek, bahkan sebagian besar santri sudah diperbolehkan pulang. Ada santri yang masih dirawat di ponpes," kata dia.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Gunungkidul, Sumitro mengatakan, pihaknya akan melakukan penyidikan pada sampel makanan yang masih tersisa.

"Jadi, ketika sumber makanannya sama kuat indikasinya ke keracunan. Kita belum tahu tapi informasi yang kami peroleh dari rumah sakit, dan biasanya ada beberapa yang menjadi faktor sumber keracunan itu," kata Sumitro. (DNS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00