Masjid Agung Baitul Hakim Madiun Gelar Solat-Ied

KBRN, Madiun: Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun menggelar solat Idul Fitri atau Ied 1442 Hijriyah pada Kamis (13/5/2021). Hanya saja karena tahun ini merupakan tahun kedua solat ied dilaksanakan ditengah pandemi covid-19, maka aturan pelaksanaan solat ied pun hampir sama seperti tahun lalu.

Ketua Takmir Masjid Agung Baitul Hakim Kota Madiun, Haryono mengatakan, nantinya masjid hanya boleh diisi 50 persen dari total kapasitas. Jika hari normal bisa menampung sekitar 3.000-an jamaah, untuk tahun ini hanya diisi 1.500-an jamaah. Itupun jaraknya sudah diatur sedari awal pandemi covid-19 melanda.

Yakni sudah diberi tanda silang dan jaraknya  sekitar satu meter antara jamaah satu dengan jamaah lainnya. Pun mereka wajib mengenakan masker dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

“Intinya prokes itu tidak boleh ditinggalkan. Jadi yang solat disini itu besok kita batasi hanya untuk 1.500an jamaah,” katanya, Rabu (12/5/2021).

Disisi lain, ketika memasuki area masjid, ada panitia yang disiapkan untuk mengecek suhu badan para jamaah menggunakan thermogun. Jika suhunya diketahui lebih 37,3 derajat celsius maka disarankan untuk melaksanakan solat ied di rumahnya masing-masing.

Menurutnya tidak ada persiapan khusus menjelang pelaksanaan solat ied. Hanya saja, beberapa waktu lalu pihaknya telah bekerjsama dengan PMI setempat untuk melakukan sterilisasi masjid dengan cara penyemprotan cairan disinfektan. Spraying menyasar seluruh area masjid. Baik di lantai satu maupun dua. Tujuannya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan jamaah dalam melaksanakan ibadah.

“Semoga jamaah bisa nyaman dan aman dalam melaksanakan solat ied,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00