Di Dompu Belum Terjadi Lonjakan Penumpang

Kondisi Terminal Ginte pada H-7 Lebaran, sepi pemudik.jpg

KBRN, Dompu: H-7 lebaran, pemudik di Terminal Ginte Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, masih sepi. Pengetatan aturan mudik dan tingginya pemudik menggunakan mobil pribadi dan kendaraan roda dua menjadi penyebab.

Heriansyah, pengelola Perusahaan Otobus (PO) Dunia Mas mengatakan, untuk melayani mudik lebaran tahun ini, pihaknya hanya menurunkan satu unit bus saja jurusan Dompu – Mataram.

“Untuk ke Jawa, masih satu bus jurusan Bima – Jakarta dan hari ini adalah terakhir, sebab informasinya Sabtu besok penyeberangan sudah ditutup,” ujarnya, Kamis (6/5/2021).

Kondisi ini, membuat Heriansyah dan pengelola PO yang lain pasrah. Sebab, pihaknya tidak bisa memaksakan kehendak dan nekad menjalankan busnya. Untuk ke Pulau jawa, lanjut dia, selain melintasi tiga penyebrangan yakni Pototano – Kayangan, Lembar – Padang Bai dan Gilimanuk – Ketapang, setiap penyebrangan selalu ada pemeriksaan yang ketat.

“Saya tidak mau mengambil resiko, dari pada nanti dikomplain penumpang akibat telantar di pelabuhan,” tambahnya.

Sementara itu, sejak dua hari terakhir kendaraan pribadi baik roda dua dan empat, mulai terlihat meninggalkan Dompu. Rata-rata pemudik ini dengan tujuan Mataram. Pemudik dengan tujuan Mataram bahkan Pulau Jawa ini mengejar penutupan penyeberangan, baik di Pototano, Lembar maupun Gilimanuk.

Gubernur NTB sudah mengeluarkan larangan mudik dan penutupan penyebrangan Pototano – Kayangan dan Kayangan – Pototano mulai Sabtu (8/5/2021). Sementara dari informasi yang diterima RRI, seorang warga Dompu, saat berita ini diturunkan sudah lolos hingga penyeberangan Gilimanuk – Ketapang. Pemudik asal Madiun, Jawa Timur ini, saat dihubungi melalui pesan WhatsApp-nya, meningalkan Dompu, sejak tanggal 4 Mei lalu.

“Alhamdulillah, selama perjalanan tidak ada penyekatan, hanya diminta menujukkan hasil antigen saja saat hendak masuk Bali,” kata Amir, pemudik asal Madiun ini.

Amir berharap, dia dan keluarganya bisa lolos hingga Madiun untuk merayakan Lebaran bersama keluarga besarnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00