Peringatan Dini, Waspada Bencana Hidrometeorologi

KBRN, Palu: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pusat kembali mengeluarkan informasi peringatan dini terkait potensi intensitas hujan sedang hingga lebat, disertai petir dan angin kencang akibat pengaruh terbentuknya bibit Siklon Tropis 94W yang terbentuk di Papua bagian utara dan saat ini bergerak ke wilayah Indonesia. 

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Mutiara Sis Al Jufri Palu Nuralim mengatakan, akibat terbentunya bibit siklon tropis tersebut secara tidak langsung berpengaruh terhadap kondisi cuaca di wilayah Sulawesi Tengah sehingga mengakibatkan hujan cukup tinggi seperti yang terjadi beberapa pekan terakhir di Kota Palu.

“Akibat adanya Siklon Tropis ini kondisi curah hujan akan lebih tinggi dari biasanya,” kata Nuralim kepada RRI, Rabu (14/4/2021)    

Lebih lanjut dia mengharapkan, semua pihak dapat membangun kewaspadaan terutama dalam mitigasi bencana. 

Sementara itu kepala BPBD Sulawesi Tengah Datu Pamusu mengatakan, dalam mengurangi dampak akibat perubahan cuaca yang tidak menentu, pihaknya selalu siaga menyiapkan petugas untuk membantu masyarakat terdampak bencana.

“Kondisi sekarang ini cuaca yang tidak menentu dilakukan cuaca ekstrem, tetap kita himbau kepada masyarakat terutama dikawasan-kawasan rawan bencana untuk waspada dan berhati-hati, sehingga kalau terjadi bencana apa yang harus dilakukan,” ujarnya.     

Selain siaga, BPBD Sulawesi Tengah juga mengimbau kepada masyarakat yang tinggal di bantaran sungai maupun di daerah rawan bencana dapat meningkatkan kewaspadaan, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. (Buy) 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00