Antisipasi Bencana, BPBD Majalengka Gelar Sosialisasi

KBRN, Majalengka : Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, termasuk salah satu daerah yang rawan terjadinya bencana, baik itu banjir, tanah longsor maupun bencana lainya.

Mengantisipasi adanya potensi bencana tersebut, Kodim 0617/Majalengka menggandeng BPBD Kabupaten Majalengka, menggelar sosialisai tentang penanggulangan bencana, di Makodim setempat, Jumat (14/2/2020).

"Adanya sinegritas antara Kodim dengan pihak BPBD dan stakeholder lainnya di Kabupaten Majalengka ini, sehingga bisa diantisipasi segala bentuk bencana alam tersebut. Termasuk dalam penanganan pertama seandainya terjadi bencana," ungkap Dandim 0617/Majalengka, Letkol Inf Harry Subarkah.

Dandim juga mengimbau kepada warga masyarakat Majalengka agar bersikap awas, tanggap dan peduli terhadap segala bentuk bencana alam.

Sementara itu, Kepala BPBD Majalengka, Agus Permana, mengatakan bahwa pihaknya akan terus memperkuat kelembagaan BPBD serta menyiapkan dan melatih personel yang handal dalam penanganan bencana di wilayah Kabupaten Majalengka.

Kegiatan sosialisasi tersebut, menurut Agus, baru kali ini melaksanakan di Kodim 0617/Majalengka dan Kodim yang mempunyai para Babinsa di setiap desa, diharapkan bisa bekerja-sama dengan BPBD.

"Karena Babinsa dapat mengetahui daerah-daerah berpotensi rawan bencan. Oleh karena itu, kita menggandeng TNI Kodim 0617/Majalengka, dalam penanggulangan bencana alam," imbuhnya.

Sementara dalam kegiatan tersebut, disampaikan materi di antaranya tentang pengoperasian alat senso, pertolongan pertama pada korban bencana dan mengantisipasi kebakaran serta pembuatan sekat bakar.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00