Mengapa Kita Perlu Refreshing?

Foto Istimewa

KBRN, Cirebon: Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari melakukan refreshing. Meluangkan waktu untuk refreshing juga tidak selalu harus dengan jangka waktu yang panjang. Meluangkan waktu selama satu atau dua hari pun sudah cukup untuk beristirahat dari rutinitas.

Kebanyakan orang tidak mengambil cuti dari kantornya dengan alasan takut dipecat atau ingin cutinya diuangkan saja. Padahal kantor sengaja memfasilitasi pekerjanya dengan cuti supaya mereka terhindar dari stress dan gangguan kesehatan. Karena kesehatan fisik dan mental berpengaruh terhadap kinerja seseorang.

Nah, berikut adalah 7 manfaat yang bisa kita dapatkan dari kegiatan refreshing.

1. Mencegah Depresi

Rutin meluangkan waktu untuk refreshing bisa menurunkan risiko timbulnya gangguan mental seperti depresi. Hal itu dikarenakan dengan melakukannya, seseorang bisa memperoleh ketenangan jiwa. Otot-otot yang menegang akibat melakukan pekerjaan secara terus-menerus bisa membuat seseorang lebih emosional.

2. Lebih Bahagia

Melakukan kegiatan untuk refreshing bisa membuat seseorang menjadi lebih bahagia. Hal itu dikarenakan melakukan hobi yang disukai atau bertemu dengan orang tersayang bisa meningkatkan hormon serotonin dan oksitosin. Kamu bisa melakukan kegiatan seperti berpiknik ke pantai atau bersepeda di dekat danau misalnya.

3. Menurunkan Risiko Terkena Penyakit Jantung

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang yang melewatkan waktu berlibur selama beberapa tahun memiliki 30% kemungkinan lebih besar terserang penyakit jantung. Dibandingkan dengan orang yang meluangkan waktu untuk berlibur sedikitnya satu minggu dalam setahun.

Hal tersebut disebabkan oleh aktivitas jantung yang secara terus-menerus dipacu tanpa ampun. Aktivitas yang secara berlebihan dilakukan seperti bekerja membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya. Jika dibiarkan seperti itu tanpa mengistirahatkan badan, seseorang akan lebih mudah terkena serangan jantung.

4. Merangsang Kreatifitas

Selain membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks. Refreshing juga bisa memberikan ide-ide baru dan meningkatkan kreatifitas seseorang. Dengan bepergian ke tempat baru dan bertemu orang-orang baru kita akan mendapat banyak inspirasi baru juga. Seperti halnya pelukis atau penulis yang mencari ide-ide segar untuk bahan karyanya. Karena inspirasi bisa didapatkan dari mana saja dan kapan saja, termasuk saat kita berlibur.

5. Lebih Dekat dengan Orang Tersayang

Meluangkan waktu untuk refreshing dengan orang tersayang akan membuat hubungan menjadi lebih harmonis. Hal itu membuat kita dan orang tersayang, misalnya keluarga, lebih saling terhubung satu sama lain. Menghabiskan waktu dengan orang tersayang akan mempererat kedekatan dan ikatan positif.

6. Berpikir Lebih Positif

Refreshing bisa membuat seseorang terhindar dari pikiran-pikiran negatif yang akan merusak mental. Seseorang yang banyak meluangkan waktu untuk berlibur atau beristirahat pikirannya lebih positif daripada yang bekerja terus-menerus. Karena orang yang terus-menerus tenggelam dalam pekerjaan cenderung berpikiran sempit.

Hal itu terjadi sebab mereka tidak memiliki waktu untuk memikirkan hal-hal selain pekerjaan. Sehingga lupa untuk mengistirahatkan otaknya. Seperti halnya komputer yang mengalami hang saat dipakai terus-menerus.

7. Lebih Panjang Umur

Meluangkan waktu untuk refreshing juga disinyalir membuat seseorang lebih berumur panjang. Hal ini dikarenakan orang yang menyempatkan diri untuk me-refresh tubuh dan pikirannya lebih besar kemungkinannya terhindar dari penyakit-penyakit kronis. (bobobox.co.id)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar