Peringati 1 Muharam, Keliobas Ajak Umat Muslim SBT Introspeksi Diri

-

KBRN, Bula : Tahun Baru Islam 1 Muharam 1444 Hijriyah diperingati masyarakat muslim kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) dengan menggelar pawai karnaval, Sabtu (30/7/2022).

Kegiatan ini dipusatkan di jalan protokol kota Bula, Seram Bagian Timur dihadiri Wakil Bupati Seram Bagian Timur Idris Rumalutur dan sejumlah pejabat lainnya.

Pada kesempatan kali ini, Bupati Seram Bagian Timur Abdul Mukti Keliobas mengajak umat muslim di kabupaten Seram Bagian Timur memaknai peringatan Tahun Baru Islam itu sebagai momentum untuk introspeksi diri serta meningkatkan keimanan dan ketaatan kepada Allah SWT.

“Kepada seluruh masyarakat SBT semoga di tahun baru Hijriah ini kita dapat memantapkan diri dalam beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT,” harap Keliobas dalam sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Idris Rumalutur.

Menurut Keliobas, peringatan 1 Muharam atau Tahun Baru Islam tidak sekedar memperingati hijrahnya nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Namun harus dimaknai umat muslim sebagai momentum mengubah diri untuk meraih rahmat dan keridhaan Allah SWT.

"Hijrah dapat juga diartikan salah satu suatu prinsip hidup, seseorang dapat di katakan hijrah jika telah memiliki dua unsur yaitu,ada sesuatu yang di tinggalkan,dan ada sesuatu yang di tujunya," paparnya.

Keliobas berharap umat muslim di kabupaten Seram Bagian Timur terutama generasi muda dapat mengambil hikmah dari peringatan Tahun Baru Islam. 

Keliobas mengakui, generasi muda yang berakhlak mulia, tangguh iman serta memiliki pengetahuan yang maju sangat berguna untuk pembangunan. 

“Dengan mengambil hikmah dan makna peringatan tahun baru Islam 1444 H ini kita dapat tercipta generasi muda islami yang berhak mulia, tangguh dalam iman dan maju dalam pengetahuan sehingga mampu bersaing di berbagai bidang kehidupan sehingga terciptasumber daya yang unggul dan mengisipembangunan di SBT,” jelasnya.