Warga Terdampak Banjir Rob & Gelombang Pasang Di SBT Diserahi Bantuan

-

KBRN, Bula : Warga yang rumahnya terdampak banjir rob dan gelombang pasang di tiga kecamatan di Kabupaten Seram Bagian (SBT) pada beberapa pekan lalu, kini diserahi bantuan oleh Pemkab setempat pada Selasa kemarin (26/7).

Penyerahan paket bantuan sembako berupa beras, mi instan dan beberapa jenis sembako lainnya itu diawali secara simbolis oleh Bupati Abdul Mukti Keliobas, kemudian dilanjutkan dibagi oleh petugas.

Desa di tiga kecamatan yang disalurkan paket bantuan itu antara lain Desa Danama, Kilmoy, Tarui dan Walang Tengah di Kecamatan Tutuk Tolu, Desa Kian, Kilga Watubau dan Kilaba di Kecamatan Kian Darat dan Desa Keta, Salagur Air, Aruan dan Nama di Kecamatan Siritaun Wida Timur.

Dalam menyerahkan bantuan tersebut, Bupati Keliobas didampingi sejumlah pimpinan OPD diantaranya Kepala Dinas Sosial M. Syafri Rumain, Plt Ketua Baznas Sidik Rumalowak, Kasatpol PP Abdullah Rumain dan beberapa pimpinan OPD lainnya. Paket bantuan ini berasal dari Dinas Sosial sebanyak 300 paket dan Baznas SBT 300 paket.

Plt Ketua Baznas, Sidik Rumalowak kepada wartawan mengatakan bantuan tersebut didistribusi sesuai jumlah Kepala Keluarga (KK) terdampak yang diterima pihaknya langsung dari pemerintah masing-masing kecamatan. Dengan berpatokan pada data tersebut, maka pihaknya meyakini bantuan yang diserahkan bakal tepat sasaran, diterima persis oleh mereka yang berhak.

“Kami dapat data korban terdampak dari desa melalui camat-camat setempat,” jelasnya saat dikonfirmasi wartawan, Rabu (27/7).

Penyerahan bantuan ini dilakukan secara bersamaan, diawali dengan paket bantuan yang disiapkan Dinas Sosial terlebih dahulu, kemudian diikuti BAZNAS. Dengan demikian,  setiap KK terdampak berkesempatan menerima dua paket bantuan sekaligus yakni bantuan dari Pemda melalui Dinas Sosial dan BAZNAS SBT.