TP PKK Kota Bukittinggi Raih Juara Umum Lomba Tingkat Provinsi Sumbar

KBRN, Bukittinggi : Tim Penggerak (TP) PKK Kota Bukittinggi tak henti-hentinya meraih penghargaan diberbagai ajang perlombaan. Kali ini, kembali meraih juara umum kategori Kota pada Lomba Gerakan PKK Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2019. Lomba itu termasuk dalam serangkaian peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-47.

Juara Umum yang kembali diraih itu menunjukkan PKK Kota Bukittinggi bertekad untuk lebih maju, dan terdepan dalam mewujudkan ketahanan keluarga sekaligus mensukseskan pembangunan di daerahnya.

Piala dan penghargaan diterima langsung oleh Ketua dan Wakil Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi, Yessi Endriani dan Ketua Organisasi Wanita (GOW) Khadijah, dari Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Nevi Zuairina.

Ketua TP-PKK Kota Bukittinggi, Yessi Endriani, mengatakan, keberhasilan meraih juara umum kategori kota tahun 2019 ini merupakan kali ke kedua, setelah tahun 2018 lalu juga meraih Juara Umum, sebuah prestasi yang sangat membanggakan.  

“Pada tahun 2019 ini, TP-PKK Kota Bukittinggi menjadi pemuncak dari 5 kategori lomba. Antara lain  Juara I Pola Asuh Anak dan Remaja ( PAAR ) Cinta Kasih yang di wakili Kelurahan Puhun Tembok dan maju untuk Penilaian Tingkat Nasional Tahun 2020 mewakili Propinsi sumbar, Juara II Tertib Administrasi PKK yang di wakili Kelurahan Belakang Balok,” terangnya, Selasa (23/4/2019).

Berikut Juara II  Administrasi UP2K yang di wakili Kelurahan Manggis Ganting, Juara III Hatinya PKK yang di wakili Kelurahan Pulai Anak Air dan Juara II Pelaksanaan IVA Test yang di wakili Kecamatan Mandiangin Koto Selayan.

Kelurahan Puhun Pintu Kabun Kota Bukittinggi sambung Yessi Endriani, juga meraih Juara I Lingkungan Bersih Sehat (LBS), Juara III Posyandu dan Harapan II  Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) dalam Jambore Kader PKK Berprestasi Tk.Prop Sumbar Tahun 2019. Penghargaan nya sekaligus diserahkan pada hari yang sama.

Atas prestasi itu, Yessi Endriani menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi atas keberhasilan yang dicapai kader PKK Kota Bukittinggi beserta Dasawisma, karena usaha dan kerja kerasnya dalam melaksanakan 10 program pokok PKK dan meraih juara.

“Juara Umum bukanlah tujuan utama, melainkan bagaimana kita mampu melaksanakan 10 Program Pokok PKK sekaligus memberikan pembinaan-pembinaan kepada kader PKK dari bawah untuk  berani tampil dan bersaing di tingkat provinsi. Alhamdulillah, TP PKK Kota Bukittinggi berhasil mempertahankan juara umum,” ulasnya.

Tentu saja keberhasilan tersebut juga tidak lepas dari dukungan moril maupun materil Pemerintah Kota Bukittinggi dalam melaksanakan program-program PKK. Kemenangan ini tidak hanya kemenangan kader, tetapi kemenangan masyarakat Kota Bukittinggi. Yang hebat itu adalah masyarakat Kota Bukittinggi.

Kepada kader PKK terutama yang meraih juara, Yessi Endriani mengimbau untuk tidak terlalu gembira dalam euphoria kemenangan.

“Keberhasilan kita syukuri dengan meningkatkan kinerja sekaligus mempertahankan juara. Jangan cepat merasa puas dengan capaian yang telah didapat saat ini. Karena masih ada tahapan lebih tinggi yang akan dihadapai yaitu, bersaing kembali di tingkat nasional. Masih ada tanggung jawab dan kerja keras yang harus kita lanjutkan. Persiapkan diri untuk bisa bersaing di tingkat nasional nanti,” harapnya.

Sementara itu Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Nevi Zuairina, berharap, agar kegiatan HKG PKK bukanlah kegiatan rutin seremoni saja, namun kemeriahan tersebut haruslah menimbulkan semangat baru dan energi baru pada setiap gerak langkah PKK.

“Semangat itu harus senantiasa dimiliki setiap kader, karena sebagai mitra pemerintah harus mampu menjadi pelopor keberhasilan pembangunan terutama bidang pemberdayaan perempuan,” pintanya.

Menurut  Nevi Zuairina, PKK sebagai organisasi perempuan memiliki peranan penting dalam memajukan pembangunan daerah, terutama memajukan kemandirian kaum perempuan di tengah-tengah masyarakat. (YPA)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00