FOKUS: #VAKSIN COVID-19

Kasus Covid-19 Meningkat,RSUD Supiori Tutup Layanan Rawat Jalan

KBRN, Biak: Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Supiori,Papua, telah mengumumkan penutupan pelayanan rawat jalan bagi pasien efektif berlaku hari Jumat (30/10/2020) hingga waktu yang belum ditentukan.

Menurut Juru bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Supiori,dr.Suli Sihotang, kebijakan tersebut dilakukan paska jumlah kasus Covid-19 terus bertambah,bahkan adanya tenaga kesehatan (nakes) yang terpapar Covid-19.

"Data kasus Covid-19 di Kabupaten Supiori per 30 Oktober 2020 tercatat secara akumulasi sebanyak 28 terkonfirmasi, dengan 15 pasien diantaranya telah sembuh dan 13 pasien yang tengah dirawat, 2 diantaranya adalah  tenaga medis yaitu dokter dan 2 apoteker yang kini dirawat dan diisolasi terpusat di Hotel Sapuri Supiori,"ungkap dr.Suli Sihotang saat dihubungi RRI,Sabtu (31/10/2020)

"Sehubungan dengan kondisi tersebut menyebabkan pelayanan rawat jalan (poliklinik) bagi pasien di RSUD Supiori  ditutup mulai  kemarin ,sementara untuk pelayanan darurat di ruang IGD dan rawat inap tetap dibuka,sedangkan bagi pasien yang dirawat kami batasi hanya bisa dijaga oleh satu orang dari keluarga,"tuturnya.

Penutupan sementara untuk layanan rawat jalan tersebut sebagai upaya untuk mengantisipasi tidak bertambahnya kasus terkonfirmasi Covid-19.Pihanya juga telah mengirim surat ke Dinas Kesehatan Kabupaten Supiori.

"Kita melakukan tracing dan kontak erat sehingga lingkungan rumah sakit ini idak ada sumber penularan, baik sesama nakes maupun ke pasien,"imbuhnya

Selanjutnya bagi warga yang akan berobat dapat dilayani di Puskesmas maupun Pustu yang ada.

"Warga Supiori yang akan berobat dapat dilakukan ke Puskesmas atau Pustu yang ada dan jika membutuhkan layanan kesehatan spesialis lainnya dapat dialihkan ke RSUD Biak,"ujar dr.Suli.

"Kami berharap warga memahami kondisi ini dan mari kita tetap patuhi protokol kesehatan dengan disiplin menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan menghindari kerumunan serta menjaga imun tubuh,"pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00