127 Mahasiswa Ikut OSBM UPBJJ-UT Jayapura Pokjar Biak

KBRN, Biak: Sebanyak 127 mahasiswa mengikuti kegiatan OSMB ( Orientasi Studi Mahasiswa Baru ) masa registrasi 2020.2 yang dilakukan Universitas Terbuka (UT) Jayapura Pokjar Biak,dipusatkan di ruang Kasuari,Hotel Asana Biak,Sabtu (19/9/2020)

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Jayapura Pokjar Biak tersebut dibagi dalam dua sesi terdiri dari sesi 1 sebanyak 57 mahasiswa dan sesi 2 sejumlah 62 mahasiswa.

Ketua Panitia OSMB masa 2020.2 UT Jayapura Pokja Biak Numfor Mulyani, S.Pd,MPd dalam laporannya mengatakan OSMB merupakan kegiatan rutinitas setiap semester bertujuan untuk dapat menyesuaikan diri secara obyektif tentang UT dan kurikulumnya

"OSMB ini penting bagi mahasiswa baru untuk mengenal tentang UT dan UPBJJ serta kurikulum,"ujar Mulyani.

Kepala UPBJJ-UT  Drs.Muljadi,M.Pd dalam sambutannya mengatakan keberadaan UT di Papua terus berkembang maju ,dan diakui untuk Biak Numfor memiliki potensi yang baik.

"Potensi UT di masyarakat di Biak Numfor sudah semakin baik perkembangannya dan telah memahami pentingnya pendidikan jarak jauh  dan UT adalah Perguruan Tinggi Negeri ke 45 di Indonesia,"jelas Drs.Muljadi.

"Ilmu bisa diperoleh dari mana saja,juga saat menempuh jenjang pendidikan tinggi yang tidak harus belajar di kampus dengan dosen yang mengajar namun kini setiap mahasiswa memiliki kemampuam memindahkan kampus ke dalam rumah,belajar secara mandiri dan memiliki inisiatif,UT adalah satu-satunya universitas Cyber karena pembelajaran dilakukan secara online ,"tambahnya

"Mahasiswa UT itu memiliki kemampuan kemandirian serta berkualitas dan untuk tahun ini UPBJJ UT Jayapura akan memberikan beasiswa kepada 26 mahasiswa UT program studi Administrasi Negara  berupa pembebasan pembayaran SPP dan modul senilai Rp 2,5 juta per semester selama delapan semester,""jelasnya

Selain itu mahasiswa reguler juga memiliki kesempatan memperoleh beasiswa dengn IP minimal 3  yang akan diusulkan ke pusat.

"Mahasiswa penerima beasiswa ini memiliki kewajiban tidak ada yang menunggak setiap semester dengan IP minimal 2,5 dan tuntas menyelesaikan perkuliahan dalam delapan semester,"jelasnya.

Sementara Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap S.Si.M.Pd dalam sambutan tertulis dibacakan Staf Ahli 2 , Otto Wanggai,SE,MM mengatakan dengan keberadaan  UT di Biak Numfor telah menjawab beberapa permasalahan pendidikan tinggi serta dalam peninggkatan kualitas SDM di tanah Papua dan Kabupaten Biak Numfor khususnya.

"SDM yang ada semakin berkualitas dengan ilmu yang diperoleh melalui UPBJJ-UT sehingga UT ini turut berkontribusi bagi peningkatan SDM yang tangguh dan mumpuni mewujudkan Kabupaten  Biak Numfor yang religius,berkarakter dan berbudaya,"ujar Bupati.

"Kehadiran UT sangat membantu khususnya bagi yang telah bekerja karena kemudahan yang ditawarkan selama proses perkuliahan, sehingga kami sangat mengapresiasi keberadaan UT di Biak,"tuturnya

Acara pembukaan OSMB UPBJJ-UT Jayapura Pokjar Biak ditandai dengan penyematan jas almamater kepada Staf Ahli oleh Kepala UPBJJ-UT, serta dua perwakilan mahasiswa,dan pencerahan cinderamata kepada Staf Ahli. Selain itu penyampaian motivasi kepada mahasiswa oleh Sekretaris LLDIKTI Wil XIV Papua dan Papua Barat,Agung Nugroho Marey,M.Pd

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00