FOKUS: #TATANAN KEHIDUPAN BARU

Tahun Baru Hijriah Momen Introspeksi Diri Umat Islam di Biak

KBRN,Biak : Panitia Hari-hari Besar Islam (PHBI) Biak Numfor melaksankana peringatan tahun baru 1 Muharram 1442 Hijriah secara sederhana namun hikmat bertempat di studio Klass Ronsumbre RRI Biak,Rabu (19/8/2020).

Turut hadir Asisten 1 Setda Biak Numfor,,Dandim 1708/BN,Kabagops Polres Biak Numfor,Ketua MUI Biak Numfor,Pimpinan Ormas Islam, Lembaga Islam di Biak dan  menghadirkan Ustad H.Achmad Burhanul Haq.

 Perayaan tahun baru Islam menurut Ustadz H.Achmad Burhanul Haq sebagai momen introspeksi bagi umat Islam untuk menjadi muslim yang lebih baik dengan memaknai perjuangan hijrahnya Nabi Muhammad SAW.

"Pergantian tahun bukan hanya sebatas peringatan semata namun jadikan pergantian tahun sebagai momentum untuk introspeksi  atau mengevaluasi diri atas apa yang sudah kita dicapai di tahun ini untuk lebih ditingkatkan di tahun depan,''ungkap Ustad Achmad Burhanul Haq melalu tausiahnya.

"Rasulullah berpesan bahwa barang siapa yang tahun ini lebih baik dari tahun kemarin,maka itulah orang yang beruntung,"tut urnya.

 Ustadz Buhanul Haq menambahkan selain momen instrospeksi diri,umat Islam di Biak juga turut mewujudkan Biak Numfor yang religius,berkarakter dan berbudaya.

"Religius adalah orang yang sudah terdidik seperti sahabat-sahabat Rasullah yang selama 13 tahun dididik,kemudian Karakter yang dibangun oleh Rasulullah bukan hanya untuk memperbaiki umat manusia namun nyambung atas keridhoan Allah SWT,"ungkap Ustad Burhan.

"Orang yang telah terbangun religiusitasnya  pasti memiliki karakter dan untuk berbudaya dari kisah Rasulullah yang hijrah ke Madinah,"tuturnya.

Sementara itu Bupati Biak Numfor melalui sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten 1 Setda Biak Numfor H.Abdul Kahar  berharap di momen tahun baru Hijriah ini umat Islam di Biak tetap menjaga semangat solidaritas dalam berkontribusi  membangun Kabupaten Biak Numfor.

"Momen tahun baru 1 Muharram 1442 Hijriah saya berharap umat Islam semakin menebalkan semangat solidaritas lintas suku,agama dan turut membangun Biak Numfor meski sekecil apapun kontribusi yang diberikan pasti berharga di mata Tuhan, dan juga sebaliknya jika niat dan perbuatan buruk sekecil apapun akan diawasi dan mendapat balasan Allah SWT,"ungkap Bupati dalam sambutannya.

Selanjutnya Bupati mengucapkan Selamat Tahun Baru 1 Muharram 1442 H kepada seluruh umat Islam di Biak Numfor.

 Sebelumnya Ketua PHBI Biak Numfor Abdul Rahman menyebutkan peringatan tahun baru  Islam tahun ini ditengah pandemi Covid-19 sehingga dilaksanakan sederhana dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Umat Islam di Biak Numfor menyambut pergantian tahun hijriah,  dengan melakukan doa bersama baik  di rumah, maupun di sejumlah masjid dengan doa akhir tahun dilakukan usai pelaksanaan shalat ashar dan doa awal tahun dibacakan usai shalat maghrib.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00