PPPDB 2019 Kabupaten Biak Numfor Seretak Dimulai Besok

KBRN,Biak:Pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2019-2020 jalur zonasi di Kabupaten Biak Numfor,Papua,dimulai mulai Selasa,tanggal 25 Juni 2019.

Dinas Pendidikan Biak Numfor telah membagi enam zona distrik untuk sekolah tingkat SMP dan SMA/SMK yang tersebar di 19 distrik,dengan sistem online dan offline.

“Ada empat sekolah menerapkan sistem online yaitu SMP Negeri I Biak Kota, SMP Negeri 2 Biak Kota,SMP Negeri 3 Biak Kota dan SMA Negeri I Biak Kota dan masing-masing operator sekolah sebelumnya telah mendapat pelatihan dari Dinas Pendidikan terkait sistem online tersebut,sementara sekolah lainnya dengan jalur offline,”ujar Kepala Dinas Pendidikan Biak Numfor,Tinneke Mansnembra di Biak,Senin (24/6/2019)

“Kami berharap setiap orang tua murid untuk memperhatikan enam zona yang ditetapkan sesuai jarak atau domisili calon siswa ke sekolah yang dipilih yaitu zona 1 untuk distrik Biak Kota dan Samofa, zona II Distrik Yendidori,Biak Barat dan Swandiwe,sedangkan zona III Distrik Biak Utara,Andey,Yawosi,Warsa dan Bondifuar, zona IV Distrik Biak Timur dan Oridek, zona V Distrik Aimando dan Padaido,zona VI untuk lima distrik yang berada di Pulau Numfor,”ungkapnya.

Sementara Kabid Pendidikan dan Pengajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Biak Numfor,Japosman Situmorang menjelaskan,untuk sistem online dapat diakses melalui laman resmi Pemerintah Kabupaten Biak Numfor yaitu  https://biak.siap-ppdb.com yang mulai dibuka hari Selasa,25 Juni 2019 pukul 07.00 wit.

“Orang tua dapat mengakses laman resmi Pemda Biak Numfor utnuk PPDB online dan di laman tersebut dapat mengetahui informasi terkait aturan dan prosedur pendaftaran,jadwal pelaksanaan, alur pendaftaran,proses seleksi hingga pengumuman hasil seleksi,”ujar Japosman Situmorang.

“Untuk  hasil seleksi pendaftaran PPDB online akan diumumkan pada tanggal 29 Juni 2019, sedangkan  sistem offline dibuka pendaftaran dari tanggal 25-29 Juni 2019,sementara daftar ulang bagi calon siswa yang diterima pada tanggal 4-6 Juli 2019,”tambahnya. 

Selaku Ketua Majelis Kerja Kepala Sekolah  (MKKS) SMP Kabupaten Biak  Numfor yang juga Kepala SMP Negeri 2 Biak Kota,Adolf Randongkir mengungkapkan, pihaknya telah siap dengan pendaftaran PPDB online maupun offline sesuai aturan yang berlaku.

“Aturan PPDB sesuai Permendikbud Nomor 51 tahun 2018 tentang penyelenggaraan PPDB berdasarkan zonasi,maka kami siap menjalankan aturan tersebut dan kami juga telah sepakat atas kebijakan Dinas Pendidikan Biak Numfor terkait penerapan zonasi distrik  untuk PPDB di Kabupaten Biak Numfor,”tutur Adolf Randongkir.

Data Dinas Pendidikan Biak Numfor untuk lulusan SD tahun ajaran 2018-2019 dari  165 SD berjumlah 3 130 siswa ,sedangkan lulusan SMP mencapai 2.990 siswa dari 55 SMP tersebar di 19 distrik.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00