Komunitas Penyelam di Biak,Bangga Turut Kibarkan Bendera Merah Putih di Bawah Laut

HUT Kemerdekaan ke-77, pengibaran bendera merah putih dibawah laut di Biak
45 penyelam dan 77 pendamping kibarkan bendera merah putih dibawah laut di Biak,Rabu (17/8/2022)

KBRN,Biak: Gabungan komunitas Divers dan pecinta Diving di Biak merasa bangga terlibat mengikuti kegiatan Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut, bertepatan momen HUT Kemerdekaan RI ke 77, Rabu (17/8/2022)

Ketua Divers Biak Community, Suwanda Tjandra mengatakan pengibaran bendera bawah laut berhasil dilakukan dikedalaman sekitar 18-20 meter, meskipun ia mengakui terdapat kendala saat penyelaman, namun bisa diatasi dengan baik.

“Penyelam sebanyak 45 orang,meski ada kendala karena kondisi penyelaman sudah siang sehingga airnya agak kabur tapi secara umum pengibarannya berhasil di kedalaman 18 sampai 20 meter dan  kita menyelam kurang lebih 40 – 45 menit ,sedangkan tim fotografer masih mengambil gambar, jadi total sekitar satu jam kita sudah naik,” tutur Suwanda

Dijelaskan, penyelaman ini terbagi dalam 2 tim, yaitu tim merah dan putih dengan skema pengibaran bawah laut yang telah dibuat sebelumnya.

“ Kita ada tim merah dan tim putih, untuk tim merah sebelah kanan, tim putih sebelah kiri, fotografer di tengah dan kita turun bersamaan, ketemu di satu titik, nail down di bawah. Semua sesuai titik, komandan, pengibar bendera sudah ada titiknya,”ungkapnya.

Dirinya berterimakasih kepada pihak TNI AL, Pemerintah Daerah Biak, pihak pendukung serta semua penyelam yang telah bekerjasama mensukseskan kegiatan pengibaran bendera di bawah laut.

Sementara salah satu divers perempuan, Nining Tanuria mengakui senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan pengibaran merah putih di bawah laut.

“Puji Tuhan senang, semua berjalan lancar. Saya sudah nyelam dari tahun 2009, waktu itu belum banyak yang menyelam, saya sudah mendapat license dan untuk kegiatan ramai seperti ini kan jarang, bisa bersama komunitas penyelam,juga ada dari instansi dan yang lainnya, banyak yang gabung, ya senang,” ujar Nining.

Pengibaran Bendera Merah Putih di bawah laut pada moment peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 77 dipimpin oleh Komandan Upacara Mayor Laut (T)  Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Biak, M Tindaon. Sebelumnya, persiapan kegiatan pengibaran dilakukan selama 2 minggu dibawah komando Instruktur Penyelam Yudith Tan dengan berbagai persiapan mulai dari cek dive hingga gladi bersih.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar