Tingkatkan Literasi Dasar,WVI dan GKI diTanah Papua Resmikan 4 Rumah Baca di Biak Numfor

Peresmian 4 Rumah Baca WVI di.Kabupaten Biak Numfor oleh Aaiaren 1 Setda Biak Numfor, Mahasunu SIP didamping Pelaksana Tugas Manager WVI Area Program Biak,Eunice Estuningsih Sumei

KBRN,Biak: Wahana Visi Indonesia (WVI) bekerja sama dengan GKI di Tanah Papua meluncurkan 4 rumah baca di Kabupaten Biak Numfor, Papua. Keberadaan rumah baca ini diharapkan dapat meningkatkan literasi dasar anak-anak dan juga kualitas pendidikan di Biak Numfor.

"Rumah baca merupakan salah satu kegiatan dari program Wahana LIterasi, dimana WVI membangun wadah kegiatan literasi bagi anak-anak dengan cara sederhana, sistematis, menyenangkan dan terukur. Dengan demikian, dampak dari aktifitas dirumah baca dapat dilihat,"ujar Pelaksana Tugas Manager WVI Area Program Biak,Eunice Estuningsih Sumei saat peresmian 4 rumah baca dipusatkan di rumah baca Nermnu Distrik Biak Utara,Selasa (14/9/2021)

 "Selain dapat membaca buku, anak-anak dan masyarakat setempat dapat memanfaatkan rumah baca untuk melakukan berbagai kegiatan yang mendukung pendidikan anak dan masyarakat setempat,"tuturnya. Keempat rumah baca yang diresmikan Asisten 1 Setda Biak Numfo,r Mahasuni,SIP tersebut yaitu Rumah Baca Rhum Shana, Rumah Baca Farkankin, Rumah Baca GKI Silo Ambroben dan Rumah Baca Faduru. Sebanyak 3 rumah baca diantaranya, yaitu Farkankin, Rum Shana dan Silo dikelola oleh gereja yaitu GKI, dan Rumah Baca Faduru dikelola oleh pemerintah kampung.

Adapun sejumlah peralatan untuk menunjang kegiatan rumah baca seperti peralatan menulis, buku bacaan, papan tulis dan peralatan bermain disediakan oleh WVI dan PT Samsung Elektronik Indonesia.

"WVI Area Program Biak Numfor sejak 2014 berfokus pada program pendidikan literasi dasar. WVI telah melatih tutor rumah baca di desa-desa yang kemudian mendampingi anak-anak dengan berbagai kegiatan. Kali ini, WVI bekerja sama dengan GKI di Tanah Papua untuk membuat kegiatan di rumah baca lebih terencana dan terstruktur, sehingga anak-anak dapat belajar dengan lebih optimal,"kata Eunice

 Kemitraan dengan GKI di Tanah Papua juga dilakukan untuk membangun kepedulian orang dewasa terhadap literasi melalui program pengasuhan dan perlindungan anak.“Kami berharap dengan pendampingan yang kami lakukan ini, anak-anak dapat semakin bersemangat untuk membaca dan belajar banyak hal. Selain itu, anak-anak juga bisa melakukan berbagai hal positif untuk mengisi waktu luang mereka,”ungkapnya.

Tentang Wahana Visi IndonesiaWahana Visi Indonesia adalah organisasi kemanusiaan Kristen yang hadir melayani dan berkolaborasi dalam pemberdayaan anak, keluarga dan masyarakat yang paling rentan melalui pendekatan pengembangan masyarakat, advokasi dan tanggap bencana untuk membawa perubahan yang berkesinambungan tanpa membedakan agama, ras, suku, dan gender. 

Sejak tahun 1998, Yayasan Wahana Visi Indonesia telah menjalankan program pengembangan masyarakat yang berfokus pada anak. Ratusan ribu anak di Indonesia telah merasakan manfaat program pendampingan WVI.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00