Penyakit Hepatitis Membahayakan,Banyak Pengidap Belum Paham

Hari Hepatitis Sedunia

KBRN,Biak: Tanggal 28 Juli diperingati sebagai Hari Hepatitis Sedunia dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman mengenai virus hepatitis yang bisa menyebabkan penyakit hati dan kanker hepatoseluler.

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSUD Biak,dr Lidia Rombealo,Sp.PD menyebutkan Hepatitis termasuk penyakit yang sangat membunuh dan berdasarkan data terdapat lebih satu juta orang meninggal dalam satu tahun akibat penyakit yang terkait dengan Hepatitis.

"Hepatitis diperingati hari ini tanggal 28 Juli karena dari Peneliti hati melihat kondisi keadaan masyarakat yang lebih sering rentan menderita penyakit hati namun mereka tidak tau sehingga ditetapkan satu hari untuk memperingati hari Hepatitis supaya masyarakat jadi tau tentang penyakit ini.  Saat ini banyak pengidap yang tidak menyadari dirinya telah terinfeksi virus mematikan tersebut,"ujar dr.Lidia melalui Dialog Bincang Pagi RRI Biak,Rabu (28/7/2021)

Sementara terkait pandemi saat ini dr Lidia menambahkan bagi penderita hepatitis dapat divaksin Covid-19 namun terlebih dahulu akan dilakukan screening oleh petugas.

"Vaksinasi Hepatitis juga dapat dilakukan orang dewasa untuk pencegahan penyakit hepatitis tersebut,namun kalau sudah divaksin Hepatitis maka harus jarak satu bulan baru dapat dilakukan vaksin Covid-19,"tuturnya.

dr.Lidia mengimbau jika terdapat gejala hepatitis diantaranya mual, muntah-muntah dan tidak nafsu makan atau bahkan dengan gejalan perut yang membesar, mata kekuningan hingga muntah darah untuk segera berobat ke fasilitas kesehatan maupun ke rumah sakit.

Peringatan Hari Hepatitis Sedunia 2021 dengan tma "Hepatitis Can't Wait",dengan harapan Hepatitis sebagai ancaman kesehatan bisa hilang pada tahun 2030.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00