Percepat Deteksi Covid-19,Biak Numfor Segera Miliki Alat PCR

KBRN,Biak: Sebanyak 101 spesimen pemeriksaan Swab telah dikirim Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor  ke Litbangkes Jayapura pada Selasa  (2/6/2020)

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor,Daud Duwiri,S.KM,M.Kes menyebutkan spesimen Swab tersebut diambil dari pasien yang telah melakukan pemeriksaan RDT dengan hasil RDT Reaktif.

“Sebenarnya target kami ada 109 orang  namun ada 8 orang yang tidak datang sehingga total 101 spesimen Swab yang diambil mulai jam 3 sore hingga malam hari ,selanjutnya pagi tadi telah dikirim ke Jayapura dan diharapkan satu  dua hari akan diketahui hasilnya,”ujar Daud Duwiri di Biak,Selasa (2/6/2020).

Sementara terkait Rapid Tes,pihaknya telah melakukan pemeriksaan Rapid Test ke 3000 lebih warga Biak berdasarkan tracking yang dilakukan Tim Gugus untuk menyasar penyebaran Covid-19 di sejumlah wilayah.

“Target kami sebanyak 7000 warga Biak yang akan di lakukan tes Rapid dengan sejumlah sasaran dibeberapa wilayah dan kriteria yang ditetapkan sebagai prioritas,”tuturnya.

Daud Duwiri menambahkan,saat ini Pemda Biak Numfor mendapat satu unit alat Polymerase Chain Reaction (PCR)  Swab lengkap dan mesin pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM) merupakan bantuan dari BNPB Pusat.

“Kami masih berkoordinasi untuk transportasi pengiriman PCR maupun TCM dan diharapakan dalam  waktu dekat segera tiba dan digunakan sebagai upaya memepercepat pemeriksaan Swab yang selama ini harus dikirim ke Jayapura,”tuturnya.

Hingga tanggal 2 Juni 2020,Data Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor secara akumulatif berjumlah 40 pasien terkonfirmasi Covid-19 dan 21 diantaranya telah dinyatakan sembuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00