Stock Darah di PMI Biak Kosong,ditengah Pandemi Covid-19

KBRN,Biak: Persediaan  darah di PMI Biak  kosong sejak memasuki libur Lebaran sehingga keluarga pasien berupaya mencari pendonor sendiri ataupun menyurati pihak TNI Polri.

Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kabupaten Biak Numfor Ferry Moningka menyebutkan hampir semua golongan darah minim persediaan, bahkan kosong seperti golongan darah O.

“Kondisi saat ini ditengah pandemi Covid-19  persediaan darah sangat minim,bahkan permintaan untuk golongan darah O yang cukup dominan namun kosong,sehingga kami meminta keluarga pasien yang mengupayakan atau kami bersurat ke TNI Polri untuk memperoleh pendonor dari anggotanya,”ujar Ferry Moningka di Biak ,Kamis (28/5/2020)

Sementara kegiatan donor darah dari berbagai pihak,baik perusaaan BUMN BUMD,swasta belum dapat berjalan kembali dengan adanya ketentuan social distancing,physical distancing dan menghindari kegiatan yang dapat menimbulkan kerumunan.

Selain itu menurut Ferry Moningka saat ini pihaknya minim persediaan kantong darah yang masih tertahan di Jakarta terkendala transportasi ke Biak.

“Kami juga mengalami kendala dengan menipisnya persediaan kantong darah di PMI Biak,kami saat ini hanya memiliki  50 kantong darah  sedangkan permintaan kebutuhan kantong darah  sudah disampaikan ke pusat namun masih menunggu transportasi udara ke Biak,”tuturnya

Ferry Moningka berharap kantong darah  segera tiba di Biak sehingga kegiatan donor darah dapat dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00