11 Ribu Lebih KK di Biak Numfor Terima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Tahun 2020

KBRN,Biak: Launching bantuan sosial sembako Kabupaten Biak Numfor tahun 2020 dilakukan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Biak Numfor Djony Karel Rumpaidus mewakili Bupati,berlangsung di pendopo Kantor Distrik Biak Kota,jalan Pramuka Biak,Rabu (27/5/2020).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Inspektorat Biak Numfor Mahasunu,Kepala Distrik Biak Kota  Jeheskiel Randongkir,Pimpinan BRI Cabang Biak M.Sakaria, Lurah Mandala,Lurah Saramom,pendamping Distrik Biak Kota dan Samofa.

"Program ini sempat tertunda dan juga dimasa pandemi Covid-19 secara global sehingga baru hari ini bisa dilakukan launching bantuan sosial khususnya Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT),"ujar Kadis Sosial Jhoni Rumpaidus.

"Jumlah penerima bansos sembako di 19 distrik di Kabupaten Biak Numfor sebanyak 11.373 Kepala Keluarga (KK) dan data ini sebelumnya telah dilakukan perluasan yaitu untuk Non PKH sebanyak 418 KK dan 300an KK untuk PKH,sedangkan nilai bantuan BPNT yang diberikan sebesar Rp 200.000 dan akan disiapkan dalam bentuk beras 10 kg dan sembako lainnya,"tuturnya.

"Setiap penerima manfaat yang.telah terdata dan memiliki kartu akan menerima sembako ini melalui Agen BRILink dan diharapkan tuntas dalam pekan ini,"imbuhnya

Djoni Karel Rumpaidus selanjutnya berharap warga masyarakat yang menerima manfaat untuk mensyukuri  bantuan program sembako dari Pemerintah melalui Kementerian Sosial tersebut.

"Bersyukurlah dengan bantuan yang diterima ini,bukan diliat dari berapa besar dan banyak bantuan namun bagaimana juga kita bersyukur dan mari memanfaatkan yang kita milikiseperti kebun dengan tanaman yang dapat dimanfaatkan kebutuhan sehari-hari,"kata Djoni Rumpaidus

Sementara Pimpinan BRI Cabang Biak M. Sakaria mengatakan Bank BRI sebagai agent of development terus berkomitmen mendukung program pemerintah,diantaranya dalam penyaluran BPNT.

"Kami siap dalam menyalurkan bantuan kepada setiap KK dengan kartu penerima yang ada,"tutur M.Sakaria.

 Dalam kesempatan tersebut,Inspektorat Biak Numfor,Mahasunu berharap Dirjen Sosial mengawal melalui yang valid sehingga mengurangi permalasalahan,serta dalam proses penyalurannya tetap terapkan protokoler Covid-19.

"Kami berharap Kepala Distrik,Kelurahan,dan para  pendamping memperhatikan data keluarga penerima manfaat dan saat penyalurannya tetap menerapkan protokol kesehatan,seperti menggunakan masker,tidak berkerumun dan menjaga jarak,"tuturnya.

 Kepala Distrik Biak Kota,Jeheiskiel Randongkir dalam kesempatan itu juga memastikan data KK di wilayah distrik Biak Kota telah sesuai pendataan yang dilakukan sejak akhir Februari 2020.

"Penerima BPNT di Distrik Biak Kota tersebar di 5 Kelurahan dan 13 kampung dengan jumlah 769 KK dan jumlah ini telah berdasarkan  pendataan dari setiap aparat kampung sejak akhir bulan Feburari 2020 dan saya ingatkan setiap warga di distrik Biak Kota akan pentingnya KTP dan Kartu Keluarga,"ujar Jeheskiel Randongkir

Selanjutnya setiap KK diharapkan dapat memanfaatkan bansos BPNT untuk kebutuhan keluarga dengan baik terlebih ditengah pandemi Covid-19.

Reaksi anda terhadap berita ini :

00:00:00 / 00:00:00