5 Pasien Positif Covid-19 di Biak Numfor dinyatakan Sembuh

KBRN,Biak: Tim Satuan Gugus Tugas Pencegahan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Biak Numfor mengumumkan adanya lima pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh dan dipulangkan pada Jumat  (22/5/2020).Kelima pasien tersebut terdiri dua laki-laki dan tiga perempuan dan berasal dari Klaster Gowa dan Klaster Jakarta.

Sehingga terdapat tujuh pasien Covid-19 yang sembuh setelah mendapat perawatan di RSUD Biak.

"Puji Tuhan kita bersyukur karena hari ini kembali akan dipulangkan lima pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh setelah melakukan tes Swab sebanyak dua kali berturut-turut dengan hasil negatif,"ujar Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap yang juga selaku Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Biak Numfor,di Posko Covid di gedung wanita Biak.

Sementara itu juga ada tambahan lima pasien  terkonfirmasi positif berasal dari Klaster Jakarta dan klaster transmisi lokalyang sebelumnya RDT reaktif dan  dikarantina terpusat di Badan Diklat Ibdi.

''Dari 101 spesimen yang dikirim dan telah keluar sebanyak 68 spesimen dengan hasil  lima yang terkonfirmasi positif Covid-19 sehingga jumlah pasien positif Covid-19 di Kabupaten Biak Numfor secara akumulatif berjumlah 28 orang ,2 merupakan pasien rujukan Kabupaten Supiori,sedangkn pasien sembuh 7 orang sehingga total pasien dirawat di RSUD Biak  sebanyak 23 pasien, "ujar Bupati

 Herry Ario Naap atas nama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan apresiasi atas dukungan dan kerjasama dari selutuh komponen masyarakat Biak Numfor.

"Terimakasih kepada warga masyarakat Biak Numfor yang tetap mentaati anjuran Pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19,demi keselamatan bersama, dan kami juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh tenaga kesehatan,mereka para pahlawan yang bekerja keras menangani pasien Covid,"imbuhnya.

Selain itu Bupati juga berpesan agar masyarakat memberikan dukungan bagi pasien yang telah sembuh dan akan kembali ke lingkungan masing-masing.

"Penyakit ini bukan aib,sehingga kita tidak boleh memiliki stigma terhadap pasien positif maupun yang telah dinyatakan sembuh sehingga saya minta masyarakat untuk menerima dan memberi support kepada saudara-saudara yang telah sembuh agar mereka dapat kembali melaksanakan aktifitas seperti semula, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,"tuturnya

Sementara itu Jubir Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19,Daud Duwiri menambahkan saat ini terdapat 33 spesimen  Swab yang masih menunggu hasil Laboratorium Kesehatan Jayapura.Sedangkan upaya optimal dilakukan pihaknya melalui pemeriksaan RDT dengan tracing sejumlah wilayah yang menjadi sasaran penyebaran Covid-19.

"Hingga kini telah dilakukan1200 RDT dan 85 diantaranya reaktif berasal dari sejumlah wilayah yang telah ditracing seperti pusat perekonomian hingga pusat perbelanjaan,"tutur Daud Duwiri didampingi Direktur RSUD Biak,dr.Ricardo.Mayor

"Target pemeriksaan RDT.sebanyak 7000 orang dan dilakukan sebanyak dua kali,sedangkan dua unit alat Polymerase Chain Reaction/PCR yang disiapkan Pemda masih terkendala transportasi untuk.pengirimannya,"imbuhnya.

Terkait kondisi kesehatan pasien terkonfirmasi maupun ODP, PPD ,menurut Direktur RSUD Biak,Ricardo Mayor,semua dengan kondisi sakit ringan.

"Pasien terkonfirmasi positif maupun PDP dan ODP yang dikarantina terpusat,kondisi kesehatan baik dan tidak mengalami sakit serius,mereka dalam penanganan medis oleh tenaga medis RSUD Biak,"pungkasnya 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00