BPS Provinsi Papua gelar Rapat Koordinasi Teknik Daerah Long Form SP2020 (SP2020 Lanjutan)

Pembukaan Rapat Koordinasi Teknik Daerah Long Form SP2020 (SP2020 Lanjutan) di Biak Numfor,Selasa (12/4/2022)
Sekda Biak Numfor Markus O Mansnembra dan Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina

KBRN,Biak : BPS Provinsi Papua gelar Rapat Koordinasi Teknik Daerah Long Form SP2020 (SP2020 Lanjutan) se - Provinsi Papua, bertempat di Swisbell Hotel Biak, Selasa (12/4/2022)

Kepala BPS Provinsi Papua Adriana Helena Carolina menyampaikan, di tahun 2021 BPS melaksanakan Long Form SP 2020 yaitu sensus sampel lanjutan untuk mengumpulkan data dan informasi terkait parameter kependudukan. Namun dikarenakan adanya Pandemi Covid-19, maka pelaksanaan Long Form SP2020 sepakat ditunda sampai tahun 2022. Adriana juga menjelaskan tujuan pelaksanaan Rakortekda Long form SP2020 Tahun 2022 kali ini adalah untuk menyamakan persepsi, dimana di Indonesia secara nasional BPS diperintahkan untuk melakukan pendataan Long form Sensus Penduduk Lanjutan.

"Kita perlu kumpulkan semua BPS Kabupaten/kota serta pemerintah daerah agar dapat menyamakan persepsi dalam pelaksanaan Long Form SP2020 pada mei mendatang. Menyamakan konsep definisi, strategi penerimaan dokumen karena tidak semua di Papua menggunakan Online, sementara di Papua masih memakai sistem Manual," kata Adriana

"Long Form SP2020 ini sudah dinantikan oleh pemerintah karena dapat menyediakan data kependudukan terkait parameter demografi yaitu kelahiran, kematian dan migrasi serta indkator sosial lainnya seperti pendidikan, disabilitas, ketenagakerjaan maupun perumahan. Dimana indikator tersebut merupakan data dasar kependudukan yang merupakan hulu dari upaya peningkatan kualitas manusia dan pembangunan, "tuturnya. 

"BPS menggandeng pemerintah daerah sebagai anggota tim pelaksana kegiatan Long Form SP2020 dengan maksud untuk membangun persamaan pandangan bahwa LFSP2020 adalah milik bersama bukan hanya BPS untuk pembangunan negara," tambahnya.

Adriana menekankan bahwa Long Form SP2020 mendapat perhatian besar dari pemerintah, oleh karena itu BPS Kabupaten/kota harus mengawal dengan baik setiap proses dari Long Form SP2020 dari Kabupaten/kota masing - masing.

"Bantu saya untuk memastikan hasil Long Form SP2020 di Papua tidak hanya berhenti di output yaitu menghasilkan publisitas/publikasi dan sebagainya tetapi dapat memberikan dampak bagi pembangunan di Tanah Papua," tegas Adriana

Sementara itu, Sekda Kabupaten Biak Numfor Markus O. Mansnembra, SH,MM  dalam sambutannya menyampaikan salah satu data strategis yang dibutuhkan untk berbagai kepentingan termasuk dalam mengambil kebijakan pembangunan adalah data kependudukan.

"Hal ini penting karena data kependudukan dapat menggambarkan kekuatan dan potensi disuatu wilayah, serta dapat dimanfaatkan untuk penyusunan perencanaan monitoring dan evaluasi pembangunan,"ungkap Markus.

" Data kependudukan tidak hanya digunakan untuk kepentingan ekonomi semata, namun juga bagi pembangunan politik, sosial, demokrasi hingga pertahanan dan keamanan. Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang lalu telah menghasilkan data dasar kependudukan seperti jumlah, distribusi, dan kelompok penduduk menurut kelompok umur dan jenis kelamin. Data hasil SP2020 telah dirilis diawal Tahun 2021 dan telah dimanfaatkan oleh pemerintah sebagai data dasar penduduk,"imbuhnya

BPS selaku lembaga pemerintah yang ditunjuk untuk melakukan kegiatan perstatistikan di Indonesia, memiliki tanggungjawab untuk menyediakan data terkait, sehingga dengan kegiatan lanjutan Sensus Penduduk 2020 dapat menjadi jawaban atas harapan pemerintah terkait ketersediaan parameter- parameter kependudukan.

"Kami menyambut baik kegiatan pendataan kependudukan yang dilakukan oleh BPS, dimana hasil Long Form SP2020 ini akan kami nantikan dan akan dijadikan sebagai dasar bagi pemerintah daerah untuk menyusun program pembangunan, serta akan menjadi bahan monitoring dan evaluasi kegiatan maupun program yang telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah," tegasnya.

Sekda juga mengajak seluruh masyarakat di Pulau Biak dan Numfor bahkan di Tanah Papua pada umumnya, untuk dapat menerima petugas sensus penduduk 2020 lanjutan dengan tangan terbuka.

"Berikan jawaban yang sebenar -benarnya kepada petugas Long Form SP2020 karena setiap jawaban sangat berarti untuk pembangunan negeri ini. Jadi bantulah BPS dalam mencatat Indonesia,"tutur Sekda

Rapat Koordinasi Teknik Daerah Long Form SP2020 (SP2020 Lanjutan) diikuti 97 peserta dari BPS Kabupaten/Kota di Papua, berlangsung hinggaa Rabu (13/4/2022).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar