FOKUS: #VAKSIN COVID

KKP Kelas III Biak,imbau PPDN lakukan vaksinasi lengkap

KBRN, Biak : Paska dikeluarkannya Surat Edaran (SE) Satgas Penanganan Covid-19 Nomor 16 tahun 2022 tentang Ketentuan Perjalanan Orang Dalam Negeri Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Biak imbau warga memperhatikan aturan yang dikeluarkan tersebut.

Menurut KKP Kelas III Biak Numfor Suprapto,S.KM melalui dialog Bincang Pagi Pro 1 RRI Biak Selasa (12/4/2022) tujuan dikeluarkannya SE tim satgas untuk melakukan pencegahan Covid 19 baik melalui transportasi darat, laut dan udara.

“Tujuan SE ini berlaku untuk semua moda transportasi baik darat, laut dan udara dengan tujuan untuk menerapkan protokol kesehatan terhadap para pelaku perjalanan dalam negeri serta melakukan pencegahan terjadinya peningkatan penularan Corona Virus Diseases,”ujar Suprapto.

Pelaku perjalanan yang baru melakukan vaksin dosis pertama diwajibkan melampirkan pemeriksaan PCR selama 3x24 jam ,sedangkan untuk dosis kedua dengan pemeriksaan Rapid Antigen 1x24 jam atau PCR 3x24 jam, sementara yang telah vaksin Booster hanya menunjukkan aplikasi Peduli Lindungi untuk memeriksaan status vaksin.

“Kami berharap keterlibatan dan peran aktif komponen masyarakat dalam mendukung pemerintah Biak Numfor dalam pencapaian vaksinasi sehingga bagi para pelaku perjalanan dalam negeri yang akan melakukan mudik Lebaran tahun ini siap menyesuaikan SE yang berlaku tersebut.”tutunya.

Sementara Koordinator Subseksi PKSE KKP Kelas III Biak dr Ezra Medy Rura menambahkan saat ini masih ditemukan pelaku perjalanan mengalami kendala dengan status vaksin yang tidak tercatat pada aplikasii Peduli Lindungi akibat jarak vaksin dosis pertama dan dua yang terlalu jauh.

“Saat melakukan pelayanan vaksinasi, masih ditemukan warga yang status vaksinnya Drop Out (DO) atau mendapatkan vaksin dosis kedua dalam waktu lebih dari enam bulan,sehingga harus melakukan vaksinasi primer ulang,sehingga kami imbau para pelaku perjalanan telah melengkapi vaksinasi Covid-19 baik dosis 1,2 dan booster,”ujar dr Ezra.

Saat ini PT Angkasa Pura I Biak dan KPP Kelas III Biak membuka layanan gerai vakisnasi Covid-19 gratis, efektif dimulai tanggal 11 April hingga 10 mei 2022 setiap senin hingga jumat pukul 08.00-12.00 wit berlokasi di samping kantor pemadam kebakaran bandara Frans Kaisiepo Biak

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar