Kontes Ikan Cupang Hias,Dongkrak Sektor Kelautan dan Perikanan di Biak Numfor

Asisten 2 Setda Biak Numfor Ferry Betay mewakili Bupati membuka Hadi Betta Biak Festival 2021

KBRN,Biak : Asisten 2 Setda Biak Numfor Ferry Betay  mewakili Bupati menutup resmi Hadi Betta Biak Festival 2021, bertempat di pelataran Hadi Supermarket Biak,Sabtu (19/6/2021)

Pemenang untuk kategori individu atau personel diraih Upin Ipin Biak,sedangkan untuk Tim diraih Biak Betta Gaul (BBG),sedangkan dua peserta sebagai Best of Show  (BOS) diraih  O4 Betta (Basarnas) dan BBG.

Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap , S.Si,M.Pd dalam sambutan tertulisnya pada acara penutupan Hadi Betta Biak Festival mengatakan bahwa kontes tersebut sebagai upaya mendukung berbagai program pemerintah khusunya di sektor unggulan kelautan dan perikanan.

“Kontes ikan cupang hias ini salah satu upaya mendukung pembangunan di Biak Numfor dengan mendongkrak salah satu sektor unggulan di Biak yaitu kelautan dan perikanan.Selain itu dengan makin tingginya minat masyarakat terhadap  ikan cupang hias dapat memberikan dampak positif untuk pembudidaya maupun peternak ikan hias sehingga mampu menghasilan   ikan cupang hias asal Kabupaten  Biak Numfor yang khas dan unik dengan nilai jual tinggi,”kata Bupati.

“Saya berharap agar peluang bisnis ini dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga dapat menjadikan Kabupaten Biak Numfor sebagai penghasil bibit ikan cupang yag memiliki keunikan tersendiri dari daerah lainnya,”tutur Bupati. 

Sementara Eko, salah satu  juri kontes yang didatngkan dari Makassar,memberi apresiasi kepada Pemerintah daerah Biak Numfor yang turut mendukung penyelenggaraan kontes yang dinilai tidak kalah dengan daerah lainnya.

“Dukungan Pemda Biak Nmfro sangat luar basa dan event yang cukup meriah karena juga menampilkan kearifan lokal seperti tarian khas dan kerajinan khas Biak dan ini sangat menarik. Saya berharap event sepeti ini tetap ada  karenadapat memberikan motivasi dan semangat bagi para peternak, dan pecinta ikan cupang hias,ikan  yang menawan dan khas yang mulai booming saat masa pandemi Covid-19 ,”tutur Eko.

Sebelumnya Ketua Komunitas Betta Biak Abdul Rahman menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemda Biak Numfor yang mendukung Kontes Ikan Cupang Hias Piala Bupati Biak Numfor tahun 2021.

“Atas nama Komunitas Betta Biak kami menyapaikan terimakasih dan apresiasi kepada Bupati Biak Numfor yang turut mendukung kegiatan kontes ikan cupang hias ini,selain itu juga untuk Manajemen Hadi dan seluruh pendukung kegiatan kontes sehingga berjalan dengan lancar dan aman,”ungkap Abdul Rahman.

Selaku Ketua Panitia Hadi Betta Biak Festival  Frangki Liem dalam laporannya mengatakan kontes ikan cupang memperebutkan Piala Bupati tersebut berlangsung dua hari, tanggal 18 dan19 Juni 2021 dengan standar  IBC dan SNI dengan berbagai kelas atau jenis diikuti kurang lebih 700 ikan cupang dari Biak,Kota Jayapura ,Manokwari Sorong dan Nabire.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00