Dorong Partisipasi Masyarakat Mengawasi Pemilu,Bawaslu Kabupaten Biak Numfor buka Program SKPP

Pendaftaran SKPP di Bawaslu Kabupaten Biak Numfor

KBRN, Biak: Bawaslu RI menyelenggarakan Pendidikan Pengawasan Partisipatif melalui Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP) Dasar tahun 2021  di 304 Kabupaten /Kota di Indonesia dan Kabupaten Biak Numfor menjadi satu diantara enam Kabupaten / Kota di Provinsi Papua yaitu  Kota Jayapura, Merauke,Mimika, Jayawijaya dan  Nabire.

Ketua Bawaslu Kabupaten Biak Numfor Simon Mandowen melalui Dialog Bincang Pagi RRI Biak menjelaskan sesuai visi misi Bawaslu dalam mendorong pengawasan Pemilu berbasis msyarakat maka program SKPP sebagai wadah untuk mendidik/menciptakan atau melahirkan kader penggerak pengawas partisipatif dari kalangan masyarakat.

“Sesuai  perwujudan  misi Bawaslu dalam mendorong pengawasan Pemilu berbasis masyarakat,maka keberadaan SKPP sebagai sarana atau wadah  untuk mendidik, menciptakan dan melahirkan aktor-aktor pengawas atau kader penggerak pengawas partisipatif dari kalangan masyarakat agar memiliki pengetahuan,ketrampilan  praktis tentang pengawasan sehingga nantinya dapat menjadi Pengawas Pemilu Partisipatif dan penggerak masyarakat untuk terlibat dalam pengawasan Pemilu secara partisipatif di daerahnya masing-masing,”ujar Simon Mandowen,Rabu(9/6/2021)

Simon Mandowen dengan tegas juga mengatakan rekrutmen SKPP Dasar  tersebut  bukan sebagai ajang rekrutmen tenaga yang dipekerjakan di Bawaslu.

“SKPP ini adalah sebagai partisipasi bagi telah mendaftar dan dinyatakan memenuhi kriteria maka akan dinilai langsung oleh Bawaslu RI  mulai dari SKPP Dasar,menengah hingga yang berlanjutan,semua akan diumumkan melalui website Bawaslu RI dan kami hanya sebagai pelaksana saja. Saya juga ingatkan bahwa rekrutmen ini bukan berarti Bawaslu membuka pendaftaran bagi yang akan bekerja di Bawaslu namun ini untu mendorong keterlibatan masyarakat dalam pengawasan Pemilu,”tuturnya.

Sementara itu selaku Ketua Panitia Lokal penerimaan SKPP Bawaslu Biak Numfor/ Richard Rumbiak menyebutkan pendaftaran bagi peserat didik dibuka sejak tanggal 7 hingga 12 Junii 2021 di kantor Baswalu Biak  dengan ketentuan umum serat persayratan pendaftaran yang berlaku.

“Sasaran peserta didik di usia produktif,minimal 20 tahun dan maskimal 30 tahun dan memiliki E-KTP domisili  di Kabupaten Biak Numfor , sedangkan untuk kuota setiap daerah terbatas  maksimal 85 peserta sehingga diharapkan generasi muda di Biak dapat memanfaatkan kesempatan tersebut,“ujar Richard Rumbiak.

Sebelumnya, Bawaslu Kabupaten Biak Numfor  telah bersurat ke pihak Perguruan Tinggi, pemuda gereja dan komunitas-komunitas di Biak terkait penerimaan SKPP Dasar tahun 2021.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00