2 Ton Sampah di Pasar Bosnik Hasil "Keroyokan" Yayasan Buddha Tzu Chi Biak dan Lintas Komunitas

Bersih-bersih Pasar Ikan Biak Timur
Sampah plastik mendominasi

KBRN,Biak:Sebanyak dua ton lebih sampah  terkumpul selama tiga jam lebih di pasar bosnik Biak hasil kerja keroyokan melibatkan Yayasan Buddha Tzu Chi Kantor Penghubung Biak,belasan komunitas di Biak dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Biak Numfor, Sabtu (8/5/2021).

Sampah plastik mendominasi sampah yang terkumpul yang dimasukkan ke dalam mobil kontainer milik DLH Biak Numfor.

Meski sempat diguyur hujan namun tidak mengurangi semangat dalam membersihkan areal pasar Bosnik yang saat itu cukup ramai dipadati para pembeli yang sebagian besar berasal dari kota.

Menurut Yeni Pirono Shijie dari Yayasan Buddha Tzu Chi Biak ,pembersihan yang dialakukan tersebut sebagai tanggungjawab bersama dalam menjaga kebersihan lingkungan.

“Sampah cukup banyak di areal pasar Bosnik ini dan kegiaan yang Yayasan Buddha Tzu Chi lakukan bersama sejumlah komponen,baik dari perbankan hingga lintas komunitas di Biak, ini merupakan wujud kepedulian bersama dalam menjaga lingkungan hidup sehingga Kota Biak ini bersih,nyaman ,indah dan dirasakan bukan hanya warga Biak namun juga warga yang mengunjungi Biak,”tutur Yeni Shijie didampingi Sara Shijie.

Sementara Ketua Rumah Komunitas Byak Donny Irawan menambahkan keterlibatan berbagai pihak baik dari Yayasan Buddha Tzu Chi dan berbagai komunitas diharapkan terus bersinergi untuk Biak lebih baik.

“Menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kelestarian alam adalah tanggungjawab kita bersama sehingga apa yang kita lakukan hari ini dapat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan,mengurangi penggunaan plastik, tidak menebang pohon dan masih banyak lagi yang bisa kita semua lakukan untuk menjadikan Biak yang lebih baik,”tutur Donny Irawan

“Kami berterimakasih kepada DLH Biak Numfor,Yayasan Buddha Tzu Chi Biak dan lintas Komunitas di Biak diantaranya Trash Hero,RomawaByak Peduli,Asobi,RB Ori Syun,TWP Kupang, Insor Kabor Duta Wisata, Bongkar-bongkar,Rumah Edukasi Aimando, Ikatan Flobamora dari Tungku Nusa Lontar, Sanggar Manyouri,X dive,Dive Centre Padaido Drivers,Bank Danamon dan pihak lainnya yang terlibat dalam kegiatan bersih-bersih di pasar Bosnik Biak,semoga sinergitas ini tetap terjalin”imbuhnya.

Selaku Koordinator komunitas Trash Hero,Jack Rumbekwan menyebutkan pihaknya sejak tahun 2019 telah 13 kali melakukan pembersihan sampah di pasar bosnik namun diakui masih banyak yang belum peduli pentingnya kebersihan lingkungan.

“Pemahaman masyarakat akan kebersihan lingkungan terkesan masih minim, karena kegiatan  pembersihan yang kami lakukan maka akan kembali lagi dengan kondisi yang sama keesokan harinya sehingga menjadi tanggungjawab bersama untuk terus menerus memberikan edukasi bagi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan,”tegas Jack Rumberkwan.

Sementara warga yang ditemui di pasar Bosnik sangat berterimakasih kepada semua pihak yang bergotong royong membersihkan areal pasar ikan Bosnik Biak

. Pasar Bosnik setiap hari pasar selasa.kamis dan sabtu menjadi pusat keramaian dengan hadrinya pembeli bukan hany a berasal dari wilyah biak timru namun sebagian besar dari kota.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00