Cuaca Membaik,KSOP Kelas III Biak ijinkan Kapal Kembali Beroperasi

Surat Edaran KSOP Kelas III Biak

KBRN,Biak: Kepala BMKG Kantor Stasiun Meteorologi Kelas I Frans Kaisiepo BiakAgung Luwi  menyatakan  hingga Jumat 16 April 2021 cuaca semain membaik seiring pergerakan Siklon Tropis Surigae yang menjauh dari sekitar wilayah Papua.Meski cuaca diprediksi akan semakin membaik, warga tetap mewaspadai jika terjadinya perubahan cuaca dan gelombang laut.

"Pantauan kami,hari ini Siklon Tropis Surigae menjauh dan dampak tidak langsung yang  kita rasakan seperti angin kencang dan gelombang tinggi,kini telah menurun untuk angin berkisar 4-12 knots sedangkan gelombang laut berkisar 0,5-1,5 m dan pengaruh lokal Biak kembali kuat sehingga kami tetap menghimbau masyarakat untuk waspada adanya petubahan cuaca,"ujar Agung Luwi pada Dialog Kentonga .RRI Radio Tanggap Bencana di RRI Biak,Jumat (16/4/2021)

Agung luwi menambahkan BMKG sebelumnya menurunkan tim survey dan melakukan pengamatan di  wilayah utara Biak serta berkoordinasi dengan kepala distrik  yawosi,warsa dan jajarannya.

Terkait kondisi cuaca yang semakin membaik tersebut,Kepala KSOP Kelas III Biak OC.Karubaba yang sebelumnaya  mengeluarkan Surat Edaran penundaan keberangkatan kapal berlaku tanggal 13 April 2021,membuka kembali ijin kapal-kapal dibawah 2500 ton untuk beroperasi.

"Informasi terbaru yang disampaikan Kepala Stamet Kelas I Biak dihari ini terkait kondisi cuaca maka saya kembali mengeluarkan Surat Edaran tentang Keberangkatan Kapal berlaku tanggal 16 April 2021 bagi kapal-kapal yang beroperasi di wilayah KSOP Kelas III Biak,"ungkap OC Karubaba.

Kepala KSOP Kelas III Biak OC Karubaba menambahkan pentingnya koordinasi  dan komunikasi antar stakeholder  terkait  keamanan dan keselamatan pelayaran.

"Saya mengapresiasi para nahkoda, pemilik/operator kapal dan juga masyarakat  yang mengindahkan surat edaran tersebut demi keamanan dan keselamatan.Selain itu koordinasi dan komunikasi yang terjalin tetap solid antar Pemda dan stakehokder terkait,"pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00