Kapolres Biak Numfor: Warga Sadar dan Patuh Prokes,Cegah Penyebaran Covid-19

KBRN,Biak: Setiap elemen masyarakat sejatinya memiliki kewajiban patuh pada protokol kesehatan dan bukan hanya tanggungjawab pemerintah atauTNI Polri. Sosialisasi, himbauan telah dilakukan sejak awal masa pandemi hingga di masa adaptasi kebiasaan baru namun kembali ke kesadaran masyarakat.

Kapolres Biak Numfor AKBP Andi Yoseph Enock,S.IK menyampaikan hal tersebut pada acara Coffee Morning dan Dialog Interaktif dengan topik "Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan" yang diselenggarakan Polres Biak Numfor dan LPP RRI Biak bertempat di lobby Mapolres Biak,Selasa (26/1/2021)

"Sosialisasi hingga himbauan-himbauan ke berbagai elemen masyarakat telah dilakukan oleh pihak Kepolisian,bahkan Razia atau sweeping di jalan,mendatangi tempat usaha,toko,warung dan lainnya untuk mengingatkan disiplin menerapkan protokol kesehatan namun ini kembali ke kesadaran masyarakat Kabupaten Biak Numfor,"ungkapnya

"Jumlah kasus Covid-19 yang terus meningkat di Biak,namun upaya pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus Corona ini jika hanya sebatas mengingatkan masyarakat pentingnya  prokes,kita sampaikan dengan kata-kata walau sampai berbusa-busa tapi masih saja ditemui di lapangan adanya warga yang tidak memiliki kesadaran,padahal sudah ada fakta salah satunya bahwa Direktur RSUD Biak sudah pernah terpapar Covid-19,"tegasnya.

"Jika masih ada masyarakat yang tidak mempercayai adanya Covid-19 dan menganggap ini hanya bualan, tipu-tipu atau rekayasa dari pemerintah,ini harusnya  dipertanyakan sikap masyatakat tersebut karena untuk mencegah itu tentu dibutuhkan kesadaran masyarakat tapi selama tidak memiliki kesadaran maka tidak memutus mata rantai penyebaran Covid-19," kata Kapolres.

Sementara itu Tokoh Adat Biak, Yosep Daud Korwa juga mengingatkan warga untuk bijak menggunakan media sosial dan tidak termakan informasi keliru seputar Covid-19.

"Mendisiplinkan masyarakat untuk penerapan prokes ini butuh kerja keras kita semua dan satu hal yang berkembang di masyarakat yaitu keberadaan media sosial dengan berbagai informasi yang berkembang kemudian menjadi argumen bagi warga akan pemahanan yang keliru tentang Covid-19 meski sosialisasi dilakukan,"ujar Yoseph Korwa

"Kebiasaan baru dengan menerapkan prokes disetiap aktifitas warga masyarakat menjadi hal yang terus-menerus perlu diingatkan dan menjadi tanggungjwab kita bersama,"imbuhnya.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Biak Numfor,Daud Duwiri,SKM dalam kesempatan tersebut menyebutkan perkembangan Covid-19 yang terus meningkat dan berbagai upaya dilakukan Pemda Biak Numfor melalui Tim Satgas Covid-19.

"Data Covid-19 hingga tanggal 25 Januari 2021 secara akumulasi sebanyak 997 orang, dari jumlah tersebut 102 yang dirawat dan mrnjalanj isolasi mandiri,sedangakn meninggal dunia 37 orang,"ungkap Daud Duwiri didamlingi Direktur RSUD Biak,dr.Ricardo Mayor.

"Bertambahnya kasus terkonfirmasi Covid-19 di Biak,menjadi perhatian kita semua dan berharap kesadaran masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan prokes meski saat ini telah berlangsung vaksinasi dan untuk Kabupatn Biak Numfor direncakan dilaunching di bulan  Februari,"tuturnya.

"Ingat bahwa sehat itu mahal sehingga kami imbau warga mematuhi protokol kesehatan dengan ketat seperti memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun,juga menghindari kerumunan dan membatasi mobilisasi,"kata Daud Duwiri.

Kegiatan Coffee Morning dan Dialog Interaktif Bincang Pagi RRI Biak dilaksanakan dengan penerapan prokes bagi setiap peserta maupun di areal  kegiatan.

Turut hadir  Dandim 1708/BN Letkol Inf.Arif Setyono,SIP,Kajari Biak Numfor Erwin Saragih,SH,MH,Plt Kadis Kesehatan Daud Duwiri,SKM,Direktur RSUD Biak dr.Ricardo Mayor, Kepala RSAL dr.R.Gandhi AT Biak Mayor laut (k) dr. Sigit Wijanarko, Sp.PA. M. Tr. Opsla,Kepala LPP RRI Biak Yulius Makabori,SPT, Kepala Kesbangpol Biak Numfor Yermias Rumbiak,S.Sos,Kadishub Fransisco Olla,S.Sos.MM,Kepala Kantor Kementerian Agama Biak Numfor,Asden Naiborhu S.Sos,tokoh agama tokoh masyarkat,Ketua KNPI dan perwakilan paguyuban nusantara.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00