910 Personil Koopsau III dan jajaran Ikut Latihan Pengamanan VVIP

KBRN, Biak: Panglima Koopsau III Marsda TNI Ir.Novyan Samyoga, MM membuka latihan Pengamanan VVIP Koopsau III Tahun Anggaran 2020 yang berlangsung secara virtual di Markas Koopsau III Biak,Senin ( 9/11/2020). 

 "Manfaatkan momentum kegiatan latihan ini untuk menambah bekal pengetahuan dalam mendukung tugas pengamanan VVIP di medan tugas sebenarnya, dan saya tekankan agar dalam manuver lapangan nantinya para komandan satuan benar-benar mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan sesuai aturan dan memastikan semua unsur dan pelaku aman dan tidak terpapar covid-19 selama pelaksanaan latihan,"ujar Panglima Koopsau III.

 "Latihan semacam ini sangatlah penting, guna mengantisipasi kemungkinan ancaman yang terjadi di wilayah tanggung jawab Koopsau III terhadap pejabat VVIP yang sedang melaksanakan tugas kenegaraan.  Oleh sebab itu, guna  mewujudkan profesionalisme dalam pelaksanaan tugas dan meningkatkan kesiapsiagaan satuan jajaran Koopsau III,. Latihan ini ditujukan untuk memberikan bekal kepada pelaku agar mampu merencanakan dan melaksanakan pengamanan VVIP, baik itu Presiden/Wakil Presiden, tamu negara setingkat kepala negara/pemerintahan beserta keluarga VVIP yang merupakan simbol negara yang harus mendapatkan perlakuan pengamanan khusus,"tuturnya.

Latihan Pengamanan VVIP Koopsau III untuk tahun ini mengusung tema “Komando Tugas Udara Koopsau III melaksanakan Operasi Pengamanan VVIP Aspek Udara Dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI”.  

Menurut Direktur Latihan Asisten Operasi Kaskoopsau III Kolonel Pnb Agus Setiawan, S.E.,latihan tersebut akan digelar di tiga Lanud jajaran yaitu Lanud Manuhua Biak, Lanud J. A. Dimara Merauke dan Lanud Yohanes Kapiyau Timika dengan melibatkan lebih kurang 910 personel dari Koopsau III dan jajaran serta juga melibatkan personel satuan TNI/Polri, 1 unit pesawat CN-235 MPA dari Skadron Udara 27 Lanud Manuhua dan 1 unit Helikopter EC-725 Caracal dari Skadron Udara 6 Lanud Atang Senjaya. 

"Materi latihan yang akan disimulasikan meliputi simulasi emergency pada saat star engine, taxy out, take off, on route atau landing, air cover, muatan udara dan medivac, penggelaran dan ploting sasaran serta Komando kendali operasi  pengamanan VIIP,"jelas Kolonel Pnb Agus Setiawan, S.E

Sementara itu Ketua Tim Wasev Kolonel Pnb Tata Budi Pratama mengatakan, latihan Pengamanan VVIP ditujukan untuk mensinergikan komunikasi dan harmonisasi satuan yang bertugas dalam pengamanan VVIP.

"Adanya pelatihan ini  harapannya tercapai peningkatan kesiagaan dan kesiapsiagaan yang tinggi,sehingga perlu di inventarisir berbagai permasalahan yang muncul baik berupa doktrin, piranti lunak maupun kelengkapan lainya dalam pengamanan VVIP selama latihan untuk dijadikan bahan evaluasi dan mencari upaya-upaya serta solusi pada penugasan sebenarnya,"ungkap Kolonel Pnb Tata Budi Pratama 

Turut hadir dalam acara pembukaan latihan ini para pejabat Koopsau III, Tim Pengawas dan Evaluasi dari Mabes TNI yang dipimpin oleh Kolonel Pnb Tata Budi Pratama, Tim asistensi dari Paspampres Mayor Inf Reno Handoko,  serta para komandan satuan jajaran Koopsau III

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00