Rekrutmen Komponen Cadangan AD, Dandim 1709/Yawa Beri Sosilisasi

KBRN, Biak : Komandan Kodim1709/Yapen Waropen Letkol Inf Leon Pangaribuan memberikan.sosialisasi rekrutmen komponen cadangan Angkatan Darat pada acara pelantikan pengurus rayon KB.FKPPI 2409-01 Distrik Yapen Selatan, Distrik Anotaurei dan Distrik Angkaisera Kabupaten KepulauanYapenmasa bhakti 2020-2025 di AulaMakodim 1709/Yawa..

Dandim Letkol Leon melalui rilis yang diterima dari Penrem 173/PVB,Senin (10/8/2020) menjelaskan bahwa sistem pertahanan yang dimilikii adalah sistem pertahanan rakyat semesta,dimana kekuatan pertahanan yang paling terakhir adalah seluruh rakyat yang merupakan komponen cadangan (Komcad).

"Tugas Komcad apabila terjadi gangguan di bidang ideologi, politik, sosial, ekonomi, budaya dan pertahanan maka komponen cadangan ini yang bergerak,"ujar Dandim.

Syarat menjadi calon Komcad  yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia pada NKRI, berusia 18 sampai dengan 35 tahun, kemudian sehat jasmani dan rohani, selanjutnya tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh pihak kepolisian.

"Setelah proses seleksi, para rekrutmen Komcad ini akan menjalani latihan dasar militer dan saat mengikuti latihan ini akan diberikan uang saku, perlengkapan perseorangan lapangan, rawatan kesehatan serta perlindungan jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian,"jelas Dandim.

Pembentukan Komcad tujuannya adalah untuk memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam hal ini TNI untuk menghadapi segala bentuk ancaman militer maupun non militer guna mempertahankan kedaulatan negara, keutuhan wilayah NKRI dan keselamatan segenap bangsa.

Kegiatan tersebut diakhuri dengan  penyerahan bantuan sarana olahraga oleh Dandim 1709/Yawa dan turut hadir di antaranya Asisten Sekda Kepulauan Yapen Portunatus Numberi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00