Kapolres Biak Numfor Meminta Warga Displin Protokol Kesehatan

KBRN, Biak : Jajaran Kepolisian Resor Biak Numfor mengingatkan kepada warga untuk tetap mematuhi protokol kesehatan  sehingga dapat  menekan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Biak Numfor.

“Saat ini meski dengan adanya kebijakan di tatanan kehidupan baru namun warga kami minta untuk tetap disiplin baik dalam berbagai aktifitas, seperti di tempat ibadah, tempat-tempat keramaian,wisata dan lainnya,”ujar Kapolres Biak Numfor AKBP Murjatmo Edi pada Dialog Bincang Pagi RRI Biak di studio ProI,Selasa (7/7/ 2020) didampingi Kasatreskrim Iptu Oscar Fajar Hadian dan Kasat Binmas Iptu Maryono.

Menurut Kaporles, jajaran  Polres Biak Numfor juga melakukan edukasi kepada masyarakat baik secara langsung maupun media massa dan media sosial, salah satu edukasi  yaitu merubah pemahaman masyarakat  tentang Covid-19 yang dinilai sebagai aib yang perlu ditutupi .

“Saya berharap adanya perubahan paradigma warga yang menganggap Covid-19 ini adalah sebuah aib sehingga ditutupi atau menghindar jika diminta melakukan pemeriksaan rapid,”ungkapnya. 

Selanjutnya warga masyarakat juga diminta mentaati Surat Edaran Bupati Biak Numfor terkait aktivitaas perekonomian ,dengan batas waktu hingga pukul 21 00 atau jam 09.00 malam.

Sementara itu terkait angka kriminalitas di wilayah hukum Polres Biak Numfor sejak Januari 2020 cenderung menurun.

“Sejak Januari 2020 di Polres Biak Numfor  menerima laporan polisi berjumlah 218 perkara dan  72 perkara diantaranya telah diselesaikan maju ke tahap persidangan. Dominan yaitu kasus pencurian dan pemberatan yaitu 50 perkara,yang terjadi malam hari di dalam kota Biak,”ungkap Kasatreskrim Polres Biak Numfor Iptu Oscar Fajar Hadian.

“Selama masa pandemi ini,kami di Satuan Reserse Kriminal Polres Biak Numfor melakukn penugasan dari Mabes Polri terkait Satgas pangan,Patroli Cyber,Satgas limbah Covid dan Satgas  Pengawasan Bantuan Sosial,”tuturnya

Dalam kesempatan tersebut,Kasat Binmas Polres Biak Numfor  Iptu Maryono menjelaskan selama pandemi Covid-19 berbagai kegiatan dan program yang dilakukan Bimas Polres Biak bersama Bhabinkamtibas  tersebar di 19 distrik di Kabupaten Biak Numfor.

“Kami melakukan berbagai upaya melalui Bhabinkamtibmas sebanyak 80 personil untuk membina masyarkat di masing-masing wilayahnya diantaranya melakukan program ketahanan pangan dan dalam waktu dekat akan  melaunching Kampung Tangguh Nasional,diharapkan kampung tangguh  di kesehatannya,keamananya maupun tangguhnya masyarakat dalam menangani pandemi Covid-19,”ujar Kasat Binmas Iptu Maryono.

Dialog Bincang pagi selama  satu jam tersebut mendapat respon pendengar yang antusias berpartisipasi dengan bertanya kepada Kapolres Biak Numfor AKBP Murjatmo Edi yang baru bertugas satu bulan di Biak Numfor.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00